Idap Williams Syndrome, Putra Dede Sunandar Harus Jalani 4 Tahap Operasi

Kompas.com - 15/08/2019, 14:29 WIB
Pelawak Dede Sunandar saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (14/8/2019).GRID.ID/RANGGA GANI SATRIO Pelawak Dede Sunandar saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (14/8/2019).


JAKARTA, KOMPAS.com - Suara pelawak Dede Sunandar bergetar saat menceritakan kondisi putra bungsunya, Ladzan Syafiq Sunandar, yang mengidap williams syndrome.

Ia mengatakan, karena kondisi itu sang putra harus menjalani empat tahap operasi.

Hal itu diungkap Dede dalam video berjudul "Ternyata Raffi Pernah Kasih Cincin Berlian ke Dede| OKAY BOS (06/08/19) Part 3" yang diunggah di kanal YouTube Trans7 Official pada Selasa (6/8/2019).

"Jadi kayak bener jantung, tapi dari si jantung, paru-paru, sampai lambung itu ada masalah, jadi harus dioperasi mau enggak mau. Operasinya itu ada 4 tahapan. Umur 1-3 tahun, 7 tahun, 13 tahun, dan 23 tahun," tutur Dede.

Dede mengatakan, saat ini Ladzan telah berusia 1 tahun lebih 4 bulan. Artinya, Ladzan harus segera menjalani operasi tahap pertamanya. 

"Agustus mau dioperasi. Soalnya Dede kan juga pakai asuransi BPJS itu kan 70 persen, saya 30 persen," sebut Dede.

Menurut Dede, selama ini ia dan keluarga sudah berupaya sekuat tenaga demi kesembuhan Ladzan. 

Dede menambahkan, pengobatan untuk Ladzan memerlukan biaya yang cukup besar. Saat ini, lanjutnya, biaya menjadi salah satu kendala pengobatan Ladzan. 

"Giginya sampai keropos gitu. Kalau misalnya Dede kerjaan lagi enggak ada kan. Maksudnya susu itu harus beli susu jantung kan. Satu botol itu harganya sekitar Rp 300.000 sampai Rp 400.000 cuma dipakai sehari atau dua hari," paparnya. 

Meski demikian Dede berjanji akan terus berusaha dan bekerja keras agar mampu membayar seluruh biaya pengobatan sang putra.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X