Pro Kontra Gaya Rambut Cornrow Agnez Mo

Kompas.com - 16/08/2019, 17:42 WIB
Tangkapan layar akun instagram Agnez Mo Tangkapan layar akun instagram Agnez MoTangkapan layar akun instagram Agnez Mo
|

JAKARTA, KOMPAS,com - Penyanyi Agnes Monica Muljoto atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Agnez Mo mengubah gaya rambutnya menjadi cornrow.

Agnes mengepang rambutnya kecil-kecil dari pangkal hingga ujung. Dalam unggahannya di akun Instagram @agnesmo pada Senin (12/8/2019), Agnes menyebut gaya rambut pribadinya tersebut terispirasi dari budaya anyam rambut masyarakat Papua.

Gaya rambut terbaru Agnez Mo kemudian ramai diperbincangkan di media sosial. Ada yang pro dan kontra dengan gaya cornrow tersebut. Salah satu yang kontra disampaikan Riyan Wahyudi melalui akun twitter pribadinya, @riyanwahyudin pada Selasa (13/8/2019).

Baca juga: Penampilan Agnez Mo Bergaya Rambut Cornrow, Terinspirasi Wanita Papua

Dalam sebuah thread, Ryan menyebut gaya rambut Agnez ini termsuk isu sensitif di Amerika, tempatnya kini tinggal. Berikut penggalan thread  Ryan.

"Pertama soal pilihan rambut cornrow ini. Isu rambut cornrow lumayan sensitif di amrik yg lagi tinggi tingkat sensinya soal cultural appropriation. Dari Kim K, Katy Perry, hingga Ariana Grande sudah pernah kena kecaman karena mengadaptasi gaya yg khas dengan kaum afrika-amerika.

Okay bilanglah benar kalau gaya rambut cornrow ini tribut Agnez untuk masyakat timur Indonesia, tapi apakah alasannya bakal believeable kalau overall style Agnez nanti ujug-ujugnya bergaya hip-hop yg akarnya itu dari orang kulit hitam amrik.

Jadi mungkin kalau Agnez mau memenangkan hati rakyat amrik, apakah gak sebaiknya menghindari pilihan gaya yg kontroversial di sana? Masih banyak pilihan lain kan. Toh Agnez cantik dan confident, gaya apa aja masih masuklah," tulis Ryan.

Tak hanya Ryan, kritik terhadap gaya rambut Agnez ini juga disampaikan oleh pemilik akun twitter lainnya.

"Karena di amrik sana, banyak kasus orang-orang yang kebudayaannya ada cornrow dianggep ga profesional gara-gara pake cornrow. Giliran orang lain yang budayanya ga ada cornrow pake cornrow ok ok aja, gimana mereka ga kesel," tulis pemilik akun @baebyjane.

"dont forget the hair. this kind of hairstyle is such a sensitive topics in us," tulis pemilik akun @akawanpi.

Baca juga: Dituding Tanam Benang oleh Warganet, Agnez Mo Beri Jawaban Kocak

Meski demikian, di tengah derasnya kritik terhadap model rambut Agnez, ada juga warganet yang mendukung bahkan memuji upaya Agnez mempromosikan budaya lokal. 

"Tetep aja mau lo bilang agnes abcd dia tetep lebih berhasil ketimbang lo yg cuma bisa kritik pedes. Ambil nilai positifnya aja si gak bisa emang? Tujuan lo bikin tweet kaya gini biar apa? Biar agnes jelek? Sorry she still stunning ya drpd lo yg cuma bisa ngetweet gini hhh," tulis pemilik akun @Alkupra.

"Entah krn aq yg gk terlalu suka dikotak2kan krn ras/etnis, atau jengah liat kek ginian di tahun 2019. Aq rasa lebay banget dah sampe berlarut-larut. Toh papua juga Indonesia. Kalau km bilang itu "It's still not your culture", itu berasa bahwa papua kek bkn Indonesia," tulis pemilik akun @Alkupra.

Hingga berita ini diturunkan, Agnez Mo belum memberikan tanggapannya terkait kontroversi yang timbul akibat model rambut barunya tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X