Bertemu KPAI, Duo Semangka Diminta Patuhi Asas Kesusilaan

Kompas.com - 22/08/2019, 16:51 WIB
Duo Semangka menyambangi kantor KPAI di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019). Kompas.com/Tri Susanto SetiawanDuo Semangka menyambangi kantor KPAI di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Duo Semangka memenuhi pemanggilan Komisi Perlindungan Anak Indonesia ( KPAI) di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019).

Dalam pertemuan tersebut, Duo Semangka dengan pihak KPAI yang diwakilkan Ketua KPAI Susanto dan Komisioner KPAI Bidang Pornografi dan Cyber Crime Margaret Aliyatul Maimunah menjalin tiga kesepakatan.

Pertama, Clara Gopa dan Variola May membenarkan bahwa mereka adalah personel dari Duo Semangka. Mereka juga sudah mengakui kesalahan.

Baca juga: KPAI Panggil Duo Semangka karena Video Mantul-mantul

"Kedua, KPAI meminta agar segala aktivitas seni Duo Semangka agar diperhatikan sesuai dengan asas kesusilaan dan kepatutan di Indonesia," kata Maimunah kepada wartawan, Kamis.

KPAI juga mengajak Duo Semangka bersama-sama ikut serta melakukan upaya perlindungan anak di dunia offline dan dunia maya.

"Yang ketiga, Duo Semangka menyetujui dan berkomitmen berinovasi dan berkreasi dalam menghadirkan karya seni yang memberikan dampak positif," ujar Maimunah. 

KPAI juga akan melakukan pengawasan terkait dengan apa yang sudah disetujui dan jadi komitmen Duo Semangka.

Adapun, KPAI memanggil Duo Semangka karena menindaklanjuti pengaduan masyarakat.

"Ada keluhan dari masyarakat bahwa ada beberapa konten dari Duo Semangka yang tidak sesuai asas kesusilaan," kata Mainumah.

Sementara itu, perwakilan manajemen Duo Semangka, Sonny Bule mengatakan, pihaknya sudah berkomitmen menyetujui kesepakatan tersebut.

"Dari konten-konten kami ini kurang baik atau kurang bagus untuk generasi anak-anak di Indonesia. Jadi, kami akan lebih berhati-hati untuk buat konten," kata Sonny Bule. 

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X