Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Habibie Selalu Siapkan Piring dan Kursi untuk Ainun yang Telah Tiada

Kompas.com - 12/09/2019, 14:08 WIB
Andika Aditia,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Hari ini, Kamis (12/9/2019), presiden ke-3 RI BJ Habibie dimakamkan di Taman Makan Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Habibie dimakamkan di samping makam mendiang istri Hasri Ainun Besari yang lebih dulu berpulang pada 22 Mei 2010.

Keduanya memang dikenal sebagai pasangan yang sangat lekat dan harmonis.

Salah satunya, seperti yang diceritakan sutradara Habibie & Ainun, Hanung Bramantyo ketika berbincang langsung dengan Habibie.

Baca juga: Kenangan Manis Joshua Dipangku Habibie hingga Digambari Pesawat

Menurut Hanung, Habibie selalu menyiapkan piring dan kursi kosong saat makan, khusus untuk Ainun, meski istrinya itu telah tiada.

"Saat sarapan pagi di Jerman, saya diundang sama beliau (BJ Habibie), di sampingnya itu ada piring dan kursi kosong. Beliau pun bilang, 'Ini kursi dan piringnya ibu Ainun," ucap Hanung mengenang saat ditemui di Taman Makan Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Sutradara Hanung Bramantyo saat ditemui di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).KOMPAS.com/ANDIKA ADHITYA Sutradara Hanung Bramantyo saat ditemui di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

"Beliau itu selalu men-treat bahwa istrinya masih hidup atau ada," ujar Hanung.

Mengetahui hal itu, Hanung pun terenyuh. Ia bahkan tak kuasa menahan air mata.

"Itu yang menurut (membuat) saya menangis karena saya bisa sadar bahwa seorang presiden dan genius tidak berpikir hanya pekerjaan," ucap Hanung.

"Tetapi masih memikirkan istrinya walaupun sudah tidak ada," katanya.

Baca juga: Hanung Bramantyo Unggah Foto Bersama Habibie dengan Emotikon Menangis

Diberitakan, putra presiden ke-3 RI Bacharudin Jusuf Habibie, Thareq Kemal Habibie, mengonfirmasi meninggalnya sang ayah.

Foto masa muda Ainun dan BJ Habibie yang diunggah Melanie Subono, Rabu (11/9/2019).Instagram/Melanie Subono Foto masa muda Ainun dan BJ Habibie yang diunggah Melanie Subono, Rabu (11/9/2019).

"Dengan sangat berat, mengucapkan, ayah saya Bacharuddin Jusuf Habibie, presiden ke-3 RI, meninggal dunia pukul 18.03 WIB," ujar Thareq di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Thareq mengatakan, sang ayah meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuh mengalami degenerasi. Salah satunya adalah jantung.

Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936, itu meninggal akibat penyakit yang dideritanya.

Baca juga: Saat Habibie Bingung Pilih Makanan untuk Melanie Subono yang Vegetarian

Sebelum meninggal, keluarga dekat sudah berkumpul di RSPAD Gatot Soebroto, tempat Habibie dirawat. Diketahui, Habibie telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019.

Keponakan Habibie, Rusli Habibie, menyebutkan bahwa seluruh keluarga dekat sudah dipanggil dan berkumpul di Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019).

Selama masa perawatan, Habibie ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com