Kenangan Membekas dengan BJ Habibie, Piring Ainun hingga Pertanyaan Presiden

Kompas.com - 13/09/2019, 09:15 WIB
Sutradara Hanung Bramantyo mengunggah foto bersama Presiden ke-3 RI BJ Habibie di lokasi syuting Habibie & Ainun. Foto ini diunggah Hanung untuk mengenang kepergian BJ Habibie. Instagram/@hanungbramantyoSutradara Hanung Bramantyo mengunggah foto bersama Presiden ke-3 RI BJ Habibie di lokasi syuting Habibie & Ainun. Foto ini diunggah Hanung untuk mengenang kepergian BJ Habibie.

JAKARTA,  KOMPAS.com - Sebagai orang yang sangat membumi, membuat Presiden ketiga RI BJ Habibie memiliki kedekatan dengan banyak orang, termasuk sutradara Hanung Bramantyo.

Seperti cerita-cerita lainnya, Hanung juga memiliki segelintir kenangan manis bersama Presiden penemu Teori Crack tersebut.

Apa saja? Berikut Kompas.com merangkumnya...

Habibie selalu siapkan piring dan kursi untuk Ainun

Hanung mengatakan, Habibie selalu menyiapkan piring dan kursi kosong saat makan, khusus untuk Ainun, meski istrinya itu telah tiada.

Baca juga: Cerita Habibie Selalu Siapkan Piring dan Kursi untuk Ainun yang Telah Tiada

"Saat sarapan pagi di Jerman, saya diundang sama beliau (BJ Habibie), di sampingnya itu ada piring dan kursi kosong. Beliau pun bilang, 'Ini kursi dan piringnya ibu Ainun," ucap Hanung mengenang saat ditemui di Taman Makan Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

"Beliau itu selalu men-treat bahwa istrinya masih hidup atau ada," ujar Hanung.

Hanung menangis lihat sikap Habibie

Melihat sikap teguh Habibie memperlakukan pasangannya meski telah tiada itu, membuat Hanung terenyuh. 

Ia bahkan tak kuasa menahan air mata.

"Itu yang menurut (membuat) saya menangis karena saya bisa sadar bahwa seorang presiden dan jenius tidak berpikir hanya pekerjaan," ucap Hanung.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X