Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagikan Makanan untuk Mahasiswa, Awkarin Ngakak Dituduh Pencitraan

Kompas.com - 25/09/2019, 05:13 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Kurnia Sari Aziza

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selebgram Karin Novilda atau Awkarin tak masalah aksinya memberi bantuan logistik kepada para mahasiswa yang melakukan demonstrasi di Gedung DPRI RI, Jakarta Pusat, Selasa (24/9/2019), disebut pencitraan.

Melalui akun instagramnya, @awkarin mengunggah foto dirinya sedang membawa dua plastik besar nasi kotak.

"Pencitraan. Carmuk. Pahalanya gadapet. Nih gue ketawa ala generasi Z dulu ya AWOKWKWOWKKWKWKWK. Eh cyinnn sini akika kasih tau... BODOAMAT, gapeduli," tulis Awkarin dalam keterangan fotonya seperti dikutip Kompas.com, Selasa (24/9/2019).

Baca juga: Awkarin: Tolak dan Batalkan RKUHP, Jangan Batasi Ruang Gerak Wanita

Bagi Awkarin, yang terpenting baginya bukanlah pujian.

"Tujuannya enggak nyari sanjungan enggak nyari pahala juga, orang saya juga bukan orang yang taat. Saya cuma memaksimalkan potensi saya sebagai seorang manusia untuk membantu makhluk lainnya yang lemah dan tertindas," tulis Awkarin lagi.

Terlebih, aksi ini dilakukannya sebagai rasa kepeduliannya pada mahasiswa yang sedang menyampaikan aspirasi mereka.

Baca juga: Banyak yang Cuma Tonton Mahasiswa Demo di DPR, Awkarin: Mereka Bukan Sirkus

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Pencitraan. Carmuk. Pahalanya gadapet. Nih gue ketawa ala generasi Z dulu ya AWOKWKWOWKKWKWKWK. Eh cyinnn sini akika kasih tau... BODOAMAT, gapeduli, tujuannya gak nyari sanjungan gak nyari pahala juga, orang saya juga bukan orang yang taat. Saya cuma memaksimalkan potensi saya sebagai seorang manusia untuk membantu makhluk lainnya yang lemah dan tertindas. Saya cuma menggunakan kemampuan saya sebagai influencer untuk menggerakkan influencer-influencer lain dan anak muda lainnya buat ikut peduli dan beraksi. Demonstrasi sekarang gampang karena udah ada sosial media, bisa kita sebarluaskan dan lipatgandakan semudah itu. Coba jaman dulu? Harus ada baku hantam dulu baru masuk berita. Iya kalo beritanya gak bungkam karena disuap oknum-oknum tertentu. Jangan takut anak muda. Kalian punya suara. Jangan mau ditindas lingkungan sendiri. Jangan takut buat bersuara dan beraksi, cuma karena takut dibilang pencitraan. Gak kebayang berapa banyak warga negara Indonesia yang akan sengsara kalo RKUHP jadi disahkan. Ckck. Drpd banyak cotok mendingan bantuin gue donasi 10rebu aja kek buat korban kabut asap https://kitabisa.com/campaign/ateambantubernafas Despite everything, seneng sih tapi hari ini dapet pengalaman hidup baru. #TolakRKUHP #SAVEKPK #SEMUABISAKENA

A post shared by karin novilda @thisisnotkarin (@awkarin) on Sep 24, 2019 at 6:20am PDT

"Saya cuma menggunakan kemampuan saya sebagai influencer untuk menggerakkan influencer-influencer lain dan anak muda lainnya buat ikut peduli dan beraksi," tulis Awkarin.

"Demonstrasi sekarang gampang karena sudah ada sosial media, bisa kita sebarluaskan dan lipat gandakan semudah itu. Coba zaman dulu? Harus ada baku hantam dulu baru masuk berita. Iya kalau beritanya enggak bungkam karena disuap oknum-oknum tertentu," ujar Awkarin. 

Awkarin pun mengimbau anak-anak muda agar tak takut menyuarakan pendapatnya.

Baca juga: Aksi Awkarin Terjun ke Tengah Demo Mahasiswa di Gedung DPR

"Jangan takut anak muda, kalian punya suara. Jangan mau ditindas lingkungan sendiri. Jangan takut buat bersuara dan beraksi, cuma karena takut dibilang pencitraan. Enggak kebayang berapa banyak warga negara Indonesia yang akan sengsara kalau RKUHP jadi disahkan. Ckck," tulis Awkarin.

Selain itu, ia juga mengajak warganet berdonasi demi korban bencana karhutla melalui sebuah kampanye di kitabisa.com.

"Drpd banyak cotok mendingan bantuin gue donasi 10rebu aja kek buat korban kabut asap https://kitabisa.com/campaign/ateambantubernafas. Despite everything, seneng sih tapi hari ini dapet pengalaman hidup baru. #TolakRKUHP #SAVEKPK #SEMUABISAKENA," ujar Awkarin.

Baca juga: Awkarin Bagi-bagi 3.000 Nasi Kotak untuk Mahasiswa Pengunjuk Rasa di DPR

Sebelumnya, Awkarin memberikan bantuan logistik kepada para mahasiswa yang melakukan demonstrasi di Gedung DPRI RI.

Bersama tim logistik, Awkarin ikut turun langsung memasok 3.000 nasi kotak dan membagikannya kepada para mahasiswa pengunjuk rasa.

Aksi Awkarin menjadi perbincangan di media sosial atas aksinya terjun ke tengah-tengah demo mahasiswa di depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Selasa (24/9/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com