Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dian Sastro Minta Pelajar Tetap di Sekolah dan Tidak Demo

Kompas.com - 26/09/2019, 12:42 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Dian Sastrowardoyo merasa prihatin melihat para pelajar melakukan aksi demo di sekitar kompleks DPR-MPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (25/9/2019).

Diketahui demo yang dilakukan para pelajar SMA dan SMK yang berasal dari Jabodetabek ini berakhir rusuh dan merusak sejumlah fasilitas.

"Dear adek adek yang masih di SMA, STM, dan sekolah menengah lainnya. Stay. In. School. Trust me," tulis Dian Sastro pada Insta Story akun Instagram-nya, @therealdisastr, yang dikutip Kompas.com, Kamis (26/9/2019).

Dian tidak menyalahkan para pelajar yang melakukan aksi demo. Namun ia menyarankan perjuangan para pelajar bisa dilakukan di tempat yang seharusnya.

"Sebanyak mungkin dukungan yang pingin kamu berikan untuk pergerakan, perjuangan juga bisa berjalan diranah intelektual dan diskusi," tulis Dian.

"Jadi stay in school, read. Read more. Let's learn more so we can become more articulate in defining our political standpoint," tulis dia lagi.

Pada Rabu (25/9/2019), Dinas Pendidikan DKI Jakarta juga meminta kepala sekolah dan pengawas sekolah untuk mengantisipasi murid-muridnya agar tidak melakukan aksi unjuk rasa.

Dinas Pendidikan mengeluarkan imbauan tersebut mengingat adanya aksi unjuk rasa massa pelajar di sekitar Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, yang berlangsung rusuh, Rabu (25/9/2019).

Baca juga: Jawab Yasonna Laoly, Dian Sastro: Lebih Baik Merasa Bodoh daripada...

"Sehubungan dengan aktivitas demonstrasi oleh massa, mohon untuk mengantisipasi kegiatan para peserta didik sekolah masing-masing yang mengarah atau berpotensi pada kegiatan pengerahan massa," ujar Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta Susie Nurhati melalui keterangan tertulis.

Selain itu, Dinas Pendidikan juga meminta pihak sekolah mengarahkan murid-muridnya agar tidak bertindak anarkistis.

Baca juga: Dian Sastro Jawab Sebutan Bodoh dari Menkumham, Sudjiwo Tedjo Beri Gelar Puteri Reformasi

"Mengarahkan dan membimbing siswa agar tidak terlibat kegiatan yang menggangu ketertiban umum serta tindakan anarkistis yang merusak fasilitas masyarakat," kata Susie.

Kemudian, Dinas Pendidikan juga meminta kepala sekolah untuk mengerahkan guru dan seluruh pegawai sekolah untuk menjamin keamanan para siswa dan lingkungan sekolah.

Kepala sekolah juga diminta bekerja sama dengan pihak keamanan dan masyarakat dalam mengamankan lingkungan sekolah.

Baca juga: Demo Pelajar Berujung Rusuh, Mendikbud: Jangan Gampang Terprovokasi

Sebelumnya diberitakan Demo pelajar di seputaran Gedung DPR/MPR RI berlangsung sejak Rabu (25/9/2019) siang. Mereka mengenakan seragam sekolah dan Pramuka.

Unjuk rasa para pelajar di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Kamis kemarin, diwarnai kericuhan. Polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan mereka.

Akibat kericuhan itu, sejumlah ruas jalan di sekitar Gedung DPR ditutup. Operasional kereta rel listrik (KRL) di Stasiun Palmerah dan Stasiun Tanah Abang juga terganggu.

Baca juga: Demo Pelajar Rusuh, Ini Instruksi Disdik DKI kepada Sekolah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com