Ruben Onsu: Sarwendah Anggap Sedang Mengandung Betrand Peto

Kompas.com - 07/10/2019, 16:15 WIB
Ruben Onsu, Sarwendah dan Betrand Peto dalam acara Brownies di Gedung Trans TV, Tendean, Jakarta Selatan, Senin (7/9/2019). KOMPAS.com/IRA GITARuben Onsu, Sarwendah dan Betrand Peto dalam acara Brownies di Gedung Trans TV, Tendean, Jakarta Selatan, Senin (7/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan Ruben Onsu dan istri Sarwendah Tan untuk mengangkat Betrand Peto menjadi anak mereka, ternyata tidaklah mudah.

Selain mengurus keperluan surat tata negara, Ruben dan Wendah juga wajib menjalani serangkaian upacara adat untuk membawa Betrand masuk ke dalam keluarga besar mereka.

Dalam acara Brownies di Gedung Trans TV, Jakarta Selatan, Senin (7/9/2019), Ruben mengatakan, Wendah menganggap proses yang harus mereka lalui itu layaknya masa-masa sedang mengandung Betrand Peto.

"Buat saya, segala proses kemarin untuk membuktikan, saya bertemu dia di usia 14 tahun, tapi saya sudah menganggap Betrand lahir di kami. Istri saya menguatkan saya, segala rintangan yang kami lewati saat ini itu Wenda menganggap dia lagi hamil Betrand," tutur Ruben.

Baca juga: Jalani Prosesi Adat NTT, Betrand Peto Sah Jadi Anak Ruben Onsu dan Sarwendah

"Anggap aja kami lagi hamil lima bulan, enam bulan kalau ada masalah lagi, ini kita lagi di 6 bulan nih. Wenda bilang, 'saya tidak melahirkan dia, tapi proses ini saya menganggap ini proses kehamilan'," katanya.

Ruben pun kini masih berjuang untuk menjadikan Betrand menjadi anak sahnya secara hukum negara.

"Sampai kami ada di sebuah titik, semua yang sedang kami perjuangkan, satu langkah lagi, secara negara," ujar Ruben.

Ruben dan Wenda sebelumnya sudah berkunjung ke kampung halaman Betrand di Pinggong Cancar, Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca juga: Angkat Betrand Peto sebagai Anak, Ruben Onsu Jalan 50 Meter hingga Diolesi Darah Ayam

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X