Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cerita Menarik Ruben Onsu Ikut Prosesi Adat demi Betrand Peto, Diolesi Darah Ayam hingga Bertemu Orangtua Kandung

Kompas.com - 08/10/2019, 06:48 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Presenter Ruben Onsu beberapa waktu lalu berkunjung ke Pinggong Cancar, Manggarai, Nusa Tenggara Timur, kampung halaman Betrand Peto.

Ruben bersama istrinya, Sarwendah melakukan serangkaian upacara adat untuk mengangkat Betrand menjadi anak mereka.

"Akhirnya tanggal 5 saya memutuskan untuk datang ke NTT, Manggarai, Pinggong, Dari situ acara adat ini berlangsung sakral sekali," kata Ruben dalam acara Brownies di Gedung Trans TV, Tendean, Jakarta Selatan, Senin (7/9/2019).

Kompas.com merangkum 4 cerita menarik dari perjalanan Ruben Onsu saat upacara adat pengangkatan Betrand Peto jadi anaknya.

Baca juga: Jalani Prosesi Adat NTT, Betrand Peto Sah Jadi Anak Ruben Onsu dan Sarwendah

1. Jalan 50 meter dan diolesi darah ayam

Ruben bercerita, dia harus menyusuri jalan sepanjang 50 meter sambil menjalani ritual-ritual, hingga disambut oleh kepala desa di sana.

"Jadi kita dijemput sama kepala adatnya, terus disambut dulu kayak sahut-sahutan dulu, dari situ baru masuk ke dalam rumah dan sakral," sambungnya.

Saat di dalam rumah, Betrand dipisahkan dengan Ruben dan Wendah. Dia berada di suatu ruangan untuk diberi nasihat dan petuah oleh kedua orangtuanya.


Pembawa acara Ruben Onsu menjalani upacara adat pengangkatan Betrand Peto jadi anaknya di NTT.Dok. Bidik LayaarYouTube MOP Channel Pembawa acara Ruben Onsu menjalani upacara adat pengangkatan Betrand Peto jadi anaknya di NTT.

"Di ruangan itu Betrand diberikan sebuah bacaan khusus di mana, bagaimanapun rohnya Betrand tidak boleh keluar, tetap ada di sana, hanya dipercayakan untuk bisa dibesarkan oleh saya dan Wendah, Betrand dikasih petuah-petuah oleh orang tuanya," ujar Ruben.

Baca juga: Angkat Betrand Peto sebagai Anak, Ruben Onsu Jalan 50 Meter hingga Diolesi Darah Ayam

Setelah itu, Betrand baru dipertemukan oleh Ruben. Mereka sempat diolesi darah ayam sebagai salah satu ritual.

"Yang merah-merah itu adalah darah ayam di mana leluhur itu tidak akan pergi dan selalu melindungi Betrand jadi ditaruh di dadanya dia telapak tangan telapak kaki jadi mengirim setiap langkahnya dia semuanya saya dan Wendah juga," kata Ruben.

Artis Ruben Onsu foto bersama istrinya Sarwendah, kedua putrinya, dan Betrand Peto. Ruben mengaku sudah menganggap Betrand sebagai anak sendiri.Dok. Instagram @ruben_onsu Artis Ruben Onsu foto bersama istrinya Sarwendah, kedua putrinya, dan Betrand Peto. Ruben mengaku sudah menganggap Betrand sebagai anak sendiri.

2. Sarwendah seolah mengandung Betrand Peto

Ruben mengatakan, Wendah menganggap proses yang harus mereka lalui itu sebagai masa di mana dia sedang mengandung Betrand Peto.

"Buat saya segala proses kemarin untuk membuktikan, saya bertemu dia di usia 14 tahun tapi saya sudah menganggap Betrand lahir di kami. Istri saya menguatkan saya, segala rintangan yang kita lewati saat ini itu Wenda menganggap dia lagi hamil Betrand," tutur Ruben.

"Anggap aja kita lagi hamil 5 bulan, 6 bulan kalau ada masalah lagi, ini kita lagi di 6 bulan nih, Wenda bilang saya tidak melahirkan dia, tapi proses ini saya menganggap ini proses kehamilan," katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com