Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ki Wilawuk, Penjahat yang Paling Susah Dikalahkan Gundala

Kompas.com - 12/10/2019, 21:35 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam film Gundala karakter Ki Wilawuk (Sujiwo Tejo) telah berhasil dibangkitkan oleh Ghazul (Ario Bayu).

Rupanya karakter Ki Wilawuk ini menjadi satu-satunya musuh bebuyutan Gundala yang sangat mengerikan. Hal ini diungkapkan oleh Fajar Sungging yang juga tim kreatif Bumilangit.

"Waktu itu, banyak sekali menyelesaikan semua karakter termasuk penjahat. Saya usul Pak Hasmi mau bikin karakter Ki Wilawuk. Itu karakter paling mengerikan di seri Gundala," ujar Sungging di Super Stage Indonesia Comic Con 2019 yang digelar di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (12/10/2019).

Sungging menjelaskan asal muasal tokoh Ki Wilawuk yang merupakan penjahat yang paling sulit dikalahkan oleh Gundala.

Baca juga: Raih 1.699.433 Penonton, Gundala Pamit

"Ki Wilawuk ini adalah tokoh zaman Mataram. Dia adalah karakter pewayangan yang jarang diceritakan. Ki Wilawuk adalah satu penjahat yang tidak bisa dikalahkan Gundala," kata Sungging.

Gundala hanya bisa mengalahkan Ki Wilawuk setelah bekerja sama dengan tokoh yang lainnya.

"Tapi Gundala cerdas, bisa menyelesaikan perkara dengan Ki Wilawuk. Dia bekerja sama dengan tokoh lain yang memiliki kekuatan sama dengan Ki Wilawuk. Mau tahu bagaimana dia menyelesaikan perkara itu ada di komik," ujar Sungging.

Kisah Ki Wilawuk sendiri hadir dalam bentuk komik berjudul Bangkitnya Ki Wilawuk. Komik ini adalah karya terakhir Hasmi sebelum menghembuskan nafas terakhirnya pada 6 November 2016.

Komik yang sebagian sudah jadi itu lantas dilanjutkan oleh Toto Winarno dan Fajar Sungging.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com