Soal Kebersihan, Christian Sugiono dan Titi Kamal Punya Ritual Khusus

Kompas.com - 15/10/2019, 11:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan suami-istri Christian Sugiono dan Titi Kamal punya ritual khusus saat bersama kedua anaknya, Arjuna Zayan Sugiono dan Kai Attar Sugiono.

"Kami kalau mau makan pagi, siang, malam kami cuci tangan. Itu sudah semacam ritual kami," ujar Tian di SDN 01 Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2019).

Ritual tersebut merupakan bagian dari contoh yang diberikan Tian dan Titi kepada anak-anak mereka terkait dengan kebersihan.

Menurut Tian, anak-anak tidak akan cepat mengerti hanya diberi pemahaman melalui perkataan. Anak-anak akan mengerti saat mendapat contoh.

Baca juga: Koki-koki Cilik 2 Kembali Pertemukan Ringgo Agus Rahman dengan Christian Sugiono

"Paling gampang beri contoh. Kalau enggak? Ya gitu-gitu aja," kata Tian.

Selain contoh yang dilakukan orangtua, Tian dan Titi yang sangat menjunjung kebersihan tersebut juga menerapkan contoh lainnya yang edukatif.

Biasanya, kata Tian, mereka akan memberikan penjelasan terkait bahaya kuman yang menempel pada tubuh bila tidak dibersihkan.

Baca juga: Sebelum Tenar, Ringgo Agus Rahman Menumpang di Rumah Christian Sugiono

"Kami kasih edukasi lewat lagu-lagu dan video yang menyenangkan. Soalnya anak-anak kalau dikasih tahu dan enggak ada contoh susah," ujar Tian.

Hari ini, Tian dan Titi ambil bagian dalam acara perayaan Hari Cuci Tangan Sedunia yang diadakan di SDN 01 Menteng Jakarta.

Acara ini diadakan oleh Lifebuoy bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Kesehatan.

Baca juga: Puaskan Rasa Ingin Tahu Anak, Christian Sugiono Bongkar Mainan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.