Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Tes DNA Mira Lesmana dan Riri Riza Punya Kesamaan, dari India hingga Jepang

Kompas.com - 15/10/2019, 21:00 WIB
Andika Aditia,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produser Mira Lesmana dan sutradara Riri Riza menjadi relawan penelitian Penelusuran Leluhur Orang Indonesia Asli yang digelar majalah sejarah daring Historia.

Hasilnya, mereka sama-sama punya DNA dari leluhur India hingga Jepang. Bagaimana bisa?

Keunikan itu terkuak berdasarkan hasil penelitian tersebut yang dipublikasikan, Selasa (15/10/2019).

Menurut penelitian, Mira Lesmana ternyata memiliki asal usul DNA dari empat bangsa, yaitu adalah East Asian 49,66 persen, South Asian 38,10 persen, Asian Dispersed 12,21 persen, dan Middle Eastern 0,03 persen.

Dari hasil itu, diketahui bila Mira Lesmana memiliki fragmen DNA dari China, India, Asia-Amerika, dan Irak Kurdi.

Baca juga: Terungkap Hasil Tes DNA Ariel NOAH, Ada Gen Jepang hingga Yunani

Lalu ada sutradara Riri Riza yang juga memiliki empat perpaduan asal usul DNA yakni, DNA dari South Asian sebesar 46,24 persen, East Asian 33,95 persen, Asian Dispersed 17,27 persen, lalu Middle Eastern 2,53 persen.

Dari hasil itu, diketahui bila Riri Riza memiliki fragmen DNA dari India, Jepang, Asia-Amerika dan Irak.

Penelitian ini juga ditujukan untuk menjawab dari mana asal usul bangsa Indonesia yang memiliki sebanyak 700 lebih bahasa dan 500 populasi etnik dengan budaya yang beragam.

Dalam penelitian genetik ini memakai metode DNA mitokondria yang diturunkan melalui jalur maternal atau ibu, lalu kromosom Y yang hanya diturunkan dari sisi paternal atau ayah, serta DNA autosom yang diturunkan dari kedua orangtua.

Baca juga: Berawal dari Ngopi Bareng, Mira Lesmana dan Riri Riza Bisa Dapat Inspirasi Bikin Film

Penanda genetik itu pun menunjukkan bukti adanya pembauran beberapa leluhur genetik yang datang dari periode maupun dari jalur yang beragam.

Hal senada juga dilontarkan olehIa menganggap pameran ini menjadi penting untuk mengedukasi masyarakat agar lebih dewasa.

"Tes DNA ini menjadi jawaban untuk memelekkan bahwa asal usul orang Indonesia beragam. Sehingga tak ada lagi mengkotak-kotakan," ucap Direktur Sejarah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Triana Wulandari.

Baca juga: Unik, Najwa Shihab Punya DNA dari 10 Nenek Moyang, dari Mana Saja?

Hasil penelitian DNA ini juga disajikan dalam bentuk pameran yang disandingkan dengan berbagai benda prasejarah hasil peradaban manusia selama berpuluh-puluh ribu tahun.

Pameran ini bernama ASOI: Asal Usul Orang Indonesia yang digelar di Museum Nasional, Jakarta Pusat, pada 15 Oktober-10 November 2019.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com