Hasil Tes DNA Mira Lesmana dan Riri Riza Punya Kesamaan, dari India hingga Jepang

Kompas.com - 15/10/2019, 21:00 WIB
Mira Lesmana dan Riri Riza saat mengunjungi redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (24/9/2019). KOMPAS.com/IRA GITAMira Lesmana dan Riri Riza saat mengunjungi redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (24/9/2019).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Produser Mira Lesmana dan sutradara Riri Riza menjadi relawan penelitian Penelusuran Leluhur Orang Indonesia Asli yang digelar majalah sejarah daring Historia.

Hasilnya, mereka sama-sama punya DNA dari leluhur India hingga Jepang. Bagaimana bisa?

Keunikan itu terkuak berdasarkan hasil penelitian tersebut yang dipublikasikan, Selasa (15/10/2019).

Menurut penelitian, Mira Lesmana ternyata memiliki asal usul DNA dari empat bangsa, yaitu adalah East Asian 49,66 persen, South Asian 38,10 persen, Asian Dispersed 12,21 persen, dan Middle Eastern 0,03 persen.

Dari hasil itu, diketahui bila Mira Lesmana memiliki fragmen DNA dari China, India, Asia-Amerika, dan Irak Kurdi.

Baca juga: Terungkap Hasil Tes DNA Ariel NOAH, Ada Gen Jepang hingga Yunani

Lalu ada sutradara Riri Riza yang juga memiliki empat perpaduan asal usul DNA yakni, DNA dari South Asian sebesar 46,24 persen, East Asian 33,95 persen, Asian Dispersed 17,27 persen, lalu Middle Eastern 2,53 persen.

Dari hasil itu, diketahui bila Riri Riza memiliki fragmen DNA dari India, Jepang, Asia-Amerika dan Irak.

Penelitian ini juga ditujukan untuk menjawab dari mana asal usul bangsa Indonesia yang memiliki sebanyak 700 lebih bahasa dan 500 populasi etnik dengan budaya yang beragam.

Dalam penelitian genetik ini memakai metode DNA mitokondria yang diturunkan melalui jalur maternal atau ibu, lalu kromosom Y yang hanya diturunkan dari sisi paternal atau ayah, serta DNA autosom yang diturunkan dari kedua orangtua.

Baca juga: Berawal dari Ngopi Bareng, Mira Lesmana dan Riri Riza Bisa Dapat Inspirasi Bikin Film

Penanda genetik itu pun menunjukkan bukti adanya pembauran beberapa leluhur genetik yang datang dari periode maupun dari jalur yang beragam.

Hal senada juga dilontarkan olehIa menganggap pameran ini menjadi penting untuk mengedukasi masyarakat agar lebih dewasa.

" Tes DNA ini menjadi jawaban untuk memelekkan bahwa asal usul orang Indonesia beragam. Sehingga tak ada lagi mengkotak-kotakan," ucap Direktur Sejarah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Triana Wulandari.

Baca juga: Unik, Najwa Shihab Punya DNA dari 10 Nenek Moyang, dari Mana Saja?

Hasil penelitian DNA ini juga disajikan dalam bentuk pameran yang disandingkan dengan berbagai benda prasejarah hasil peradaban manusia selama berpuluh-puluh ribu tahun.

Pameran ini bernama ASOI: Asal Usul Orang Indonesia yang digelar di Museum Nasional, Jakarta Pusat, pada 15 Oktober-10 November 2019.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X