Ternyata, Gen Arab Najwa Shihab hanya 3,4 Persen

Kompas.com - 16/10/2019, 10:13 WIB
Presenter Najwa Shihab menghadiri acara Indonesian Sport Awards 2018 yang diselenggarakan di Studio 1 Trans TV, Jakarta, Jumat (23/11/2018). KOMPAS.COM/NUGYASA LAKSAMANAPresenter Najwa Shihab menghadiri acara Indonesian Sport Awards 2018 yang diselenggarakan di Studio 1 Trans TV, Jakarta, Jumat (23/11/2018).
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Jurnalis Najwa Shihab ternyata punya keunikan yang selama ini belum terungkap. Keunikan itu adalah asal usul Najwa Shihab dari DNA yang ia miliki.

Wanita kelahiran Makassar, 16 September 1977 ini punya 10 fragmen DNA dari 10 leluhur yang berbeda.

Uniknya, meski diketahui Najwa Shihab merupakan orang Indonesia keturunan Arab, akan tetapi gen Arab yang dimiliki Najwa hanya sebesar 3,4 persen.

Hal itu terungkap berdasarkan hasil penelitian Penelusuran Leluhur Orang Indonesia Asli yang dilakukan oleh majalah sejarah daring Historia.

"Najwa Shihab mungkin kita tahu dia anak dari Pak Quraish Shihab yang merupakan keturunan Arab, tapi ternyata setelah diteliti, ia punya 10 DNA dari berbagai leluhur," ucap Prof Herawati Sudoyo, ahli genetika dari Lembaga Eijkman yang terlibat dalam penelitian itu, dalam ASOI: Asal Usul Orang Indonesia di Museum Nasional, Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Dari hasil penelitian, diperlihatkan bila Najwa memiliki fragmen DNA dari moyang yang berasal dari Afrika Utara, Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah, Eropa Selatan, Afrika, Eropa Utara, diaspora Asia, diaspora Afrika, dan diaspora Eropa. 

Komposisinya sebesar 48,54 persen South Asian, North African 26,81 persen, African 6,06 persen, East Asian 4,19 persen, African Dispersed 4,15 persen, Middle Eastern 3,48 persen, Southern European 2,20 persen, Northern European 1,91 persen, dan Asian Dispersed 1,43 persen.

Hasil penelitian tersebut, kata Prof Herawati, menjadikan wanita yang akrab di sapa Nana ini sebagai relawan dengan fragmen DNA terbanyak dalam penelitian tersebut.

"Najwa pun menjadi relawan dengan fragmen DNA terbanyak dalam penelitian ini," tambah Prof Herawati.

Baca juga: Terungkap Hasil Tes DNA Ariel NOAH, Ada Gen Jepang hingga Yunani

Najwa Shihab merupakan satu dari 15 relawan yang hasil tes DNA mereka dipamerkan dalam acara tersebut.

Para relawan itu terdiri dari berbagai profesi dan latar belakang yang berbeda.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X