Punya DNA China hingga Irak Kurdi, Mira Lesmana Langsung Hubungi Indra Lesmana

Kompas.com - 17/10/2019, 19:52 WIB
Mira Lesmana saat berkunjung ke redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (24/9/2019). KOMPAS.com/IRA GITAMira Lesmana saat berkunjung ke redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (24/9/2019).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Produser film Mira Lesmana terkejut dengan hasil tes DNA yang ia ikuti dalam penelitian untuk pameran ASOI: Asal Usul Orang Indonesia.

Mira terkejut karena ternyata dirinya memiliki asal usul DNA dari empat bangsa.

Atas hal itu, Mira langsung menghubungi adiknya musisi jazz Indra Lesmana. Sang adik, kata Mira, juga langsung penasaran.

"Jadi aku senang banget, langsung share (hasil tes DNA) ke Indra Lesmana, dia juga penasaran," ucap Mira Lesmana kepada Kompas.com via telepon, Kamis (17/10/2019).

Baca juga: Produser Mira Lesmana Miliki Gen DNA China hingga Irak Kurdi

Mira mengatakan, antusias Indra begitu besar untuk mengetahui keunikan yang baru terungkap dari hasil penelitian tersebut.

"Ia dia pengin tahu banget segala macam, makanya saya bilang pengin selesain promo film dulu segala macam. Baru Nanti aku kabarin lagi ke Indra," ucap Mira.

Mira pun mengakui bahwa dirinya tak menyangka kalau leluhurnya sangat beragam. Hasil tes DNA itu pun, lanjut Mira, telah membantu menjawab pertanyaannya sejak lama tentang asal usul leluhur yang sudah lama ingin ia ketahui.

"Ya terus terang dari dulu tuh pengin tahu asal usul leluhur, terutama dari ayah almarhum, kalau mamaku selalu bilang dia murni orang Jawa Tengah, kalau ayahku enggak terlalu jelas," ucap Mira.

Baca juga: Edo Kondologit Terkejut Ada Profesor Sebut Dirinya Punya DNA Taiwan

"Dan kalau Mama bilang ada darah Jawa, dibilang (tim peneliti) ada (DNA) dari Asia Timur, dan aku juga baru sadar tuh ada Filipina, Vietnam, Korea dan segala macam deh. Kalau Ayahku ternyata ada India, ada Irak kalau enggak salah," sambungnya.

Diketahui, hasil tes DNA Mira terdiri dari East Asian 49,66 persen, South Asian 38,10 persen, Asian Dispersed 12,21 persen, dan Middle Eastern 0,03 persen.

Dari hasil itu, diketahui bila Mira Lesmana memiliki fragmen DNA dari China, Jepang, India, Asian American, dan Irak Kurdi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X