Produser Mira Lesmana Miliki Gen DNA China hingga Irak Kurdi

Kompas.com - 16/10/2019, 10:36 WIB
Mira Lesmana saat berkunjung ke redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (24/9/2019). KOMPAS.com/IRA GITAMira Lesmana saat berkunjung ke redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (24/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Produser bertangan dingin Mira Lesmana ternyata punya keunikan yang selama ini belum diketahui orang, bahkan oleh ia sendiri.

Keunikan itu terkuak setelah Mira menjadi salah satu dari 15 relawan yang mengikuti penelitian genetik bertajuk "Penelitian Leluhur Orang Indonesia Asli" yang dilakukan oleh majalah sejarah daring Historia.

Sebagai informasi, perempuan yang akrab disapa Miles ini lahir di Jakarta, 8 Agustus1964.

Istri Mathias Muchus tersebut merupakan anak dari musisi jazz legendaris Indonesia, Jack Lesmana, dan penyanyi senior Indonesia berdarah Jawa Nien Lesmana.

Mira Lesmana lahir dari orangtua berdarah Jawa.

Meski demikian, ternyata Mira Lesmana memiliki asal usul DNA dari empat bangsa. Itu adalah East Asian 49,66 persen, South Asian 38,10 persen, Asian Dispersed 12,21 persen, dan Middle Eastern 0,03 persen.

Dari hasil itu, diketahui bila Mira Lesmana memiliki fragmen DNA dari China, Jepang, India, Asian American, dan Irak Kurdi.

Baca juga: Cerita Mira Lesmana Dapatkan Tawaran dari CJ Entertainment

Uniknya, dari hasil penelitian membuktikan bahwa kakak Indra Lesmana ini punya gen China dan Irak Kurdi yang begitu dominan.

Gen China atau bangsa Asia Timur yang ada di dalam fragmen DNA Mira Lesmana sebesar 49,66 persen.

Lalu, di lain sisi, Mira Lesmana juga punya gen yang berasal dari wilayah South Asian sebesar 38,10 persen. Wilayah ini meliputi India, Nepal, Bangladesh dan sekitarnya.

Hasil tes DNA Mira dan para relawan lain dipamerkan dalam acara ASOI: Asal Usul Orang Indonesia yang digelar di Museum Nasional, Jakarta Pusat, pada 15 Oktober - 10 November 2019.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X