Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Widyawati Raih Penghargaan di Festival Film Asia Pasifik

Kompas.com - 09/01/2020, 13:48 WIB
Kistyarini

Editor

KOMPAS.com - Aktris senior Widyawati meraih penghargaan dalam ajang Festival Film Asia Pasifik (APFF) 2020 yang diselenggarakan pada 5 - 9 Januari di Macau.

Widyawati dinobatkan sebagai Artis Pembantu Terbaik dalam perannya di film Ambu. Aktris kelahiran 1950 itu mengaku senang atas penghargaan tersebut.

“Saya bersyukur. Ini kehormatan buat artis segenerasi saya," kata Widyawati dalam siaran pers yang diterima Antara, Rabu (8/1/2020).

Dalam film Ambu, Widyawati berperan sebagai seorang ibu suku Baduy, salah satu suku di Indonesia yang sangat ketat menjaga kemurnian budaya.

Baca juga: Mahasiswi Baru Gambarkan Widyawati Kuliah bareng Generasi Milenial

 

Peran tersebut dapat dihayatinya dengan akting yang sangat menyakinkan.

Sementara itu, Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) pada tahun 2020, mengirim dua film untuk mewakili Indonesia di APFF.

Kedua film tersebut masing-masing adalah Kucumbu Tubuh Indahku karya sutradara Garin Nugroho, dan film Ambu karya sutradara Farid Dermawan.

Baca juga: Kucumbu Tubuh Indahku dan Ambu Wakili Indonesia di Festival Film Asia Pasifik

Selain Widyawati, film Kucumbu Tubuh Indahku, yang judulnya diterjemahkan menjadi Memories of My Body berhasil meraih predikat cerita asli terbaik.

Keberhasilan Widyawati mengondol gelar artis pembantu terbaik sekaligus memecah rekor sebagai artis Indonesia tertua yang pernah meraih artis terbaik tingkat internasional.

Di usianya yang telah menginjak 70 tahun, Widyawati masih terus berkarya bagi dunia perfilman.

Nama Widyawati mulai melambung saat bermain sebagai Yuli dalam Pengantin Remaja (1971) bersama Romi yang diperankan almarhum Sophan Sophiaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com