Profil Ananda Sukarlan, Pianis Indonesia yang Terkenal di Eropa

Kompas.com - 26/03/2020, 19:46 WIB
Pianis Ananda Sukarlan usai menghadiri jumpa pers konser Pavarotti Forever di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, Selasa (7/11/2017). KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGPianis Ananda Sukarlan usai menghadiri jumpa pers konser Pavarotti Forever di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, Selasa (7/11/2017).

JAKARTA, KOMPAS.comAnanda Sukarlan adalah seorang pianis dan komponis asal Indonesia.

Ia merupakan pendiri Yayasan Musik Sastra Indonesia (YMSI) dan pembuat musik klasik untuk anak-anak difabel di Spanyol yang bekerja sama dengan Fundacion Musica Abierta.

Kemampuan pria kelahiran 10 Juni 1986 ini dalam memainkan alat musik piano, telah ia dapatkan sejak kecil.

Baca juga: Pianis Ananda Sukarlan Persembahkan Lagu untuk Ibunda Presiden Jokowi

Kala itu kedua orangtuanya mengikutsertakan Ananda Sukarlan untuk kursus piano bersama Soetarno Soetikno dan Rudy Laban.

Seiring berjalannya waktu di tahun 1986, Ananda Sukarlan lulus SMA dan melanjutkan pendidikannya dengan menerima tawaran beasiswa Piano Petrof dari University of Hadford, Connecticut, Amerika Serikat.

Ananda Sukarlan (48) pada peluncuran CD berjudul Love & Variations di The Grand Signature, Plaza Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat,   Minggu (19/3/2017).KOMPAS.com/TRI SUSANTO SETIAWAN Ananda Sukarlan (48) pada peluncuran CD berjudul Love & Variations di The Grand Signature, Plaza Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (19/3/2017).

Setelah itu ia memperdalam kemampuannya bermain piano di Koninklijk Conservatorium Den Hag.

Baca juga: Ketika Ananda Sukarlan Pertemukan Pavarotti dengan Ismail Marzuki

Di bawah bimbingan Naum Grubert, ia berhasil lulus dengan predikat summa cum laude di tahun 1993.

Namanya mulai dikenal dunia, ketika ia sering tampil dalam festival-festival luar negeri. Ia juga sering mengisi sejumlah acara resmi kenegaraan di Eropa.

Bahkan, pada tahun 2000 ia pernah diundang oleh Ratu Sofia dari Spanyol untuk mengisi konser di Madrid.

Namanya dikenal di kalangan musik klasik. Ia berhasil menerima puluhan penghargaan berkat kariernya sebagai seorang pianis.

Salah satunya adalah Juara Pertama “Nadia Boulanger” – Concours International d’Orleans di Orleans, Prancis (1993).

Tidak hanya itu, Ananda Sukarlan berhasil menjadi satu-satunya orang Indonesia yang masuk ke dalam buku “The 2000 Outstanding Musicians of the 20th Century”, yang berisikan riwayat hidup 2000 orang yang dianggap berdedikasi pada musik.

Kini nama Ananda Sukarlan tidak hanya terkenal di Tanah Air, tetapi anak dari pasangan Sukarlan dan Poppy Kumudastuti ini telah sukses terkenal di kalangan komposer-komposer di Eropa.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X