Profil Saipul Jamil, Penyanyi Dangdut yang Terjerat Kasus Hukum

Kompas.com - 03/04/2020, 17:58 WIB
Saipul Jamil ditemui pada akhir acara perayaan 17 Agustus di Lapas Klas 1A Cipinang, Jakarta Timur, Jumat (17/8/2018) sore. KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGSaipul Jamil ditemui pada akhir acara perayaan 17 Agustus di Lapas Klas 1A Cipinang, Jakarta Timur, Jumat (17/8/2018) sore.

JAKARTA, KOMPAS.com – Saipul Jamil yang juga akrab dipanggil Bang Ipul adalah seorang penyanyi dangdut asal Indonesia. Ia telah memulai kariernya sejak 2004.

Pria kelahiran 31 Juli 1980 ini mengawali kariernya di dunia hiburan dengan bergabung dengan grup musik dangdut bernama G4UL, bersama Eka Sapta, Adi Sahrul, dan Dian.

Baca juga: Saipul Jamil Gagal Bebas, Tak Memenuhi Syarat dan Tak Seberuntung Roro Fitria

Setelah itu, ia mulai merintis karier sebagai penyanyi solo dengan merilis lagu yang menjadi hit kala itu berjudul “Jangan Bilang bilang”.

Hingga akhirnya, nama Saipul Jamil mulai dikenal publik berkat lagu duetnya bersama Ira Swara yang bejudul “Duet Sang Bintang”. Berkat lagu itu, Saipul berhasil meraih penghargaan di ajang SCTV Music Awards 2006 untuk kategori Lagu Dangdut Ngetop.

Sejak saat itu, ia aktif menghasilkan sejumlah karya yang membuat namanya melejit dan menjadi salah satu penyanyi dangdut kondang di industri musik Tanah Air.

Baca juga: [POPULER HYPE] Mereka yang Hengkang dari OVJ | Saipul Jamil Gagal Bebas

Saipul Jamil juga dipercaya untuk menjadi juri di sejumlah ajang kompetisi penyanyi dangdut, salah satunya adalah D'Academy sejak 2014 hingga 2016.

Selain bernyanyi, ia juga pernah tampil berakting di beberapa film seperti Setan Budeg (2008), Pijat Atas Tekan Bawah (2009), dan Arwah Kuntilanak Duyung (2011).

Untuk kisah asmaranya, Saipul Jamil pernah menikah dengan penyanyi dangdut Dewi Perssik pada 2005. Namun, pernikahannya hanya bertahan dua tahun dan berakhir perceraian.

Baca juga: Saipul Jamil Gagal Bebas Bersama 30.000 Narapidana, Mengapa?

Setelah empat tahun menduda, akhirnya ia menikah kedua kalinya dengan Virginia Anggraeni pada 2011.

Namun di tahun yang sama, sang istri serta delapan kerabatnya mengalami kecelakaan dan Virginia meninggal dunia.

Kariernya sebagai penyanyi di dunia hiburan pun tidak selalu berjalan mulus. Pasalnya, Saipul Jamil terjerat dua kasus hukum, yakni kasus asusila dan suap panitera pengadilan.

Baca juga: Gelar Konser Tunggal, Dewi Perssik Bakal Undang Saipul Jamil dan Mantan Lainnya

Kini, ia tengah mengajalani total hukuman yang harus dijalani selama 8 tahun penjara.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X