Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut Indonesia Menuju Braoadway 20201, Seniman Muda Bisa Belajar Teater dengan Standar Broadway

Kompas.com - 06/09/2021, 19:45 WIB
Hisnudita Hagiworo,
Sheila Respati

Tim Redaksi

KOMPAS.comIndonesia Kaya kembali mengadakan program Ruang Kreatif bertajuk “Indonesia Menuju Broadway 2021”. Program tersebut bekerja sama dengan Passport to Broadway asal New York.

Indonesia Menuju Broadway 2021 merupakan pelatihan bagi seniman muda atau pencinta seni teater untuk mendapatkan pembekalan ilmu panggung dengan standardisasi Broadway di Indonesia.

Berbeda dengan pelaksanaan pada 2019, tahun ini peserta akan mengikuti berbagai kelas yang mengasah kemampuan akting, vokal, dan tari secara hybrid selama hampir satu tahun.

Tahap pertama pembelajaran dilakukan melalui kelas online. Sementara, pada tahap lanjutan kelas diselenggarakan secara offline

Program Director Indonesia Kaya Renitasari Adrian menjelaskan, seluruh materi yang akan diajarkan telah dikurasi sedemikian rupa dan disesuaikan dengan standar pendidikan Broadway. Dengan begitu, setiap peserta akan mendapat ilmu pengetahuan yang hampir setara dengan kuliah teater musikal di Amerika Serikat di akhir program. 

Baca juga: Saksikan Serial Musikal Nurbaya, Tayang Tiap Kamis di YouTube Indonesia Kaya

“(Peserta) akan mendapatkan bekal ilmu pengetahuan yang cukup untuk mengejar impian untuk berkarier di Broadway. Dengan demikian, harapan (kami) di masa depan ada nama-nama Indonesia di panggung Broadway,” ujarnya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (6/9/2021).

Indonesia Menuju Broadway 2021 menjadi Online and Offline Musical Theater Conservatory intensif pertama di Indonesia. Silabus diadaptasi dari pelajaran tahun pertama sekolah konservatori di Amerika Serikat. 

Renitasari juga mengungkapkan bahwa program tersebut memungkinkan para peserta belajar langsung dari para pengajar Broadway dari Passport to Broadway. 

Adapun pengajar dari Passport to Broadway yang dihadirkan terdiri dari Master Teacher - Musical Theatre Performance/Acting Amy Weinstein, Master Teacher - Musical Theatre Dance Styles Stephen Brotebeck, serta dua Master Teacher - Musicianship and Vocal Training, yakni Seth Weinstein dan Catherine Vaughn.

Selama program, peserta juga didampingi oleh mentoryang merupakan seniman berpengalaman di bidang teater musikal Indonesia. 

Baca juga: Indonesia Kaya Persembahkan Serial Musikal Nurbaya, Kisah Perjodohan Siti Nurbaya

Untuk kelas akting, Venytha Yoshiantini dan Putri Indam Kamilaakan mendampingi para peserta. Untuk kelas tari, ada Ufa Sofura, Pasha Prakasa, dan Ayu Gurnitha. Sementara, untuk kelas vokal mentor yang akan melatih adalah Dani Dumadi dan Andrea Miranda.

Sebagai informasi, Ayu Gurnitha merupakan alumni Indonesia Menuju Broadway 2019 dan pernah tergabung dalam Broadway Academy Asia di Malaysia.

Menurut Ayu, mengikuti Indonesia Menuju Broadway adalah salah satu hal yang paling mengesankan dalam hidupnya.

“Saya sangat berterima kasih atas kesempatan dan dukungan yang diberikan kepada para peserta sehingga kami bisa dapat ilmu, menginjak kaki di New York, bertemu para profesional di bidang ini ,dan akhirnya bisa menampilkan karya broadway di atas panggung seusai pelatihan,” ujar Ayu.

Indonesia Menuju Broadway 2021 terbuka untuk 100 peserta yang berusia 15- 30 tahun. Untuk mengikuti program ini, calon peserta dapat mendaftarkan diri melalui situs web www.indonesiakaya.com yang akan berlangsung hingga 30 September 2021.

Baca juga: Indonesia Menuju Broadway 2021, Digelar Secara Offline dan Online

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com