Kompas.com - 16/10/2021, 11:59 WIB
Pejabat Kemenparekraf dan jajaran pelatih VOICE (Voice Over Indonesia Academy 2021). KemenparekrafPejabat Kemenparekraf dan jajaran pelatih VOICE (Voice Over Indonesia Academy 2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri kreatif audio atau familiar disebut voice over terus berkembang dan memiliki peran penting dalam menyampaikan sebuah pesan pada sebuah brand image.

Hal ini yang menjadi perhatian Pemerintah, khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk membuat sebuah program yang diperuntukan bagi insan muda kreatif Indonesia yang ingin memperdalam teknik voice over agar lebih siap terjun ke industri.

Salah satu program unggulan di penghujung tahun 2021 ini adalah VOICE (Voice Over Indonesia Academy 2021).

Baca juga: Gara-gara Nussa, Dewi Sandra Ketagihan Jadi Dubber Film Animasi

Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan pelaksanaan pelatihan seperti ini mutlak dilakukan untuk meningkatkan SDM (sumber daya manusia) agar memberikan manfaat untuk masyarakat.

“Ini menjadi bekal untuk pergerakan ekonomi kreatif serta membuka lapangan kerja seluas-luasnya, baik saat ini dan akan dating,” ucap Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/10/2021).

Pelatihan VOICE ini akan diselenggarakan secara Offline dengan konsep full day training selama empat hari berturut-turut di beberapa kota strategis untuk memunculkan bakat-bakat muda kreatif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Dewi Sandra Ungkap Tantangan Terbesar Jadi Dubber di Film Nussa

Untuk pelatihan perdana, VOICE akan diselenggarakan pada tanggal 15-18 Oktober 2021 di Ballroom Swiss Belhotel Bogor dan diikuti oleh 20 orang peserta yang sudah di seleksi langsung oleh pakar industri voice over.

Pembukaan pelatihan VOICE ini dibuka langsung oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Seluruh pelatihan VOICE ini sudah dirancang dan akan dibina langsung oleh tokoh-tokoh populer di industri voice over.

Baca juga: Viral Video Parodi Kuch Kuch Hota Hai Susu Beruang, Ini Kata Dubber-nya

Untuk teknik olah vocal akan dibina oleh Tisa Julianti yang sudah belasan tahun menjadi Dubber dan Voice Over, Announcer, hingga menjadi penyanyi di salah satu program Disney.

Untuk materi kreatif dan copywriting, Agus Hariyadi sebagai Creative & Voice Director, Copywriter di berbagai proyek bergengsi di Tanah Air.

Agar teknik olah vokal yang semakin matang, Ian Saybani sebagai Professional Voice Over, Dubber, Radio Announcer akan menyempurnakan materi selama pelatihan berlangsung.

Baca juga: Dion Wiyoko Belajar Suara Perut Ketika Jadi Dubber di Film Mulan

Sebagai salah satu alur proses produksi audio, ada Moh Tri Hastomo sebagai praktisi Sound Engineer yang akan membina para peserta dalam menyempurnakan hasil karya mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.