Kompas.com - 08/08/2022, 15:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Psikolog Intan Erlita menyoroti soal maraknya artis yang curhat masalah keluarga atau rumah tangga ke media sosial.

Intan Erlita mengatakan, bercerita mengenai masalah rumah tangga ke ranah publik bukan keputusan yang tepat untuk menyelesaikan masalah.

Baca juga: Intan Erlita: Alzipco Dapat Membimbing Yulia Rachman

"Kenapa aku bilang tidak disarankan curhat ke media sosial? Karena membuka pintu buat orang lain itu melihat dalaman kita, dalam tanda kutip begitu," ujar Intan Erlita saat dihubungi Kompas.com, Senin (8/8/2022).

Psikolog yang juga pernah menjadi presenter televisi ini menyebut bahwa figur publik harus memiliki batasan antara ranah pribadi dan karier.

Intan memperingatkan bahaya yang akan mengintai apabila masalah dalam keluarga diumbar ke media sosial.

Baca juga: Curhat Angga Wijaya soal Mark Up Honor Dewi Perssik hingga Uang Rp 1 Miliar

"Begitu kehidupan pribadi dibuka, kita buka pintu buat orang lain mengatur kehidupan kita, apalagi komentar-komentar netizen yang bisa memecah belah ya," papar Intan.

Dari sisi psikologis, komentar-komentat negatif netizen justru akan membuat pihak yang bermasalah semakin terpuruk.

"Harapannya mendapat empati, simpati, malah yang ada dapat hujatan. Artinya itu dapat memperkeruh situasi," kata Intan Erlita.

Baca juga: Dewi Perssik Nangis, Curhat Ingin Dinafkahi Suami

Sebelumnya, Intan Erlita menjelaskan penyebab yang membuat fenomena artis yang umbar masalah pribadi ke medsos semakin banyak terjadi.

Salah satu alasan yang membuat seseorang curhat masalah pribadinya ke media sosial karena komunikasi yang kurang baik dengan keluarga.

Padahal, nyatanya orang tersebut hanya ingin suaranya didengar dan mendapat perhatian dari orang yang bersangkutan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.