Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/08/2023, 16:39 WIB
Akbar Akeyla Daniswara,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi para penikmat dunia K-Pop, nama boyband SEVENTEEN pastinya telah menjadi hal yang tak asing lagi.

Boyband yang memiliki 13 anggota di dalamnya itu diketahui telah memulai debut perdananya pada tahun 2015 lalu.

Mereka juga sempat beberapa kali melakukan comeback dengan mini album terakhir yang dirilis oleh Seventeen dengan judul “FML”.

Baca juga: SEVENTEEN Akan Comeback Oktober 2023

Namun, tak sedikit juga para penyuka K-Pop yang masih belum mengetahui mengenai latar belakang akan boyband ini.

Berikut merupakan sejarah, member, hingga daftar karya yang dirilis Seventeen.

Sejarah

Meskipun SEVENTEEN memulai debut perdananya pada tahun 2015 lalu, tetapi perjalanan mereka sendiri telah dimulai sejak tahun 2012.

Hal itu diawali ketika Pledis Entertainment memposting sebuah video berjudul Seventeen TV di saluran YouTube mereka. Dunia kemudian pertama kali diperkenalkan kepada para trainee melalui Seventeen TV yang disiarkan di UStream tersebut.

Acara streaming ini berlangsung selama lima musim dalam rentang waktu dua tahun dan menampilkan para peserta pelatihan saat mereka menjalani proses latihan di ruang hijau “Melona” yang ikonik milik perusahaan.

Rencana akan debut perdana mereka yang awalnya telah ditetapkan pada tahun 2013 kemudian diundur beberapa kali karena kondisi perusahaan yang sedang menghadapi kesulitan keuangan. Berkat ketidakpastian akan debut mereka, beberapa member awal boyband tersebut juga memutuskan untuk keluar.

Namun, sebuah teaser yang mengungkapkan bahwa peserta pelatihan yang tersisa muncul di Seventeen Project: Debut Big Plan dan bakal disiarkan secara langsung melalui MBC Music pun rilis pada 19 April 2015.

Di akhir serial tujuh episode tersebut, ke-13 anggota dipastikan debut dan SEVENTEEN juga menjadi grup K-Pop pria pertama yang memulai debutnya dengan showcase siaran langsung berdurasi satu jam.

Seventeen kemudian mendapatkan tour pertama mereka pada tahun 2016 dengan nama Seventeen 1st Asia Tour 2016 Shining Diamond. Bahkan, mereka baru saja mengunjungi Jakarta, Indonesia dalam Seventeen World Tour 'Be The Sun' yang diselenggarakan pada December 28, 2022 lalu.

Member

SEVENTEEN memiliki 13 anggota yang dibagi menjadi tiga sub unit secara internal dengan masing-masing anggotanya memiliki bidang spesialisasinya sendiri. Beberapa spesialisasi dalam boy band tersebut meliputi Hip-Hop, Vokal, dan Performance.

Unit Hip-Hop terdiri dari empat anggota:

  • SEVENTEEN S.Coups (pemimpin unit yang juga merupakan pemimpin umum)
  • Wonwoo
  • Mingyu
  • Vernon

Unit vokal memiliki lima anggota:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com