Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membawa Gitar Lokal Mendunia

Kompas.com - 05/04/2013, 04:17 WIB

HARRY SUSILO

Lewat sentuhan tangan kreatif Tommy Kaihatu (45) dan ide segar Doddy Hernanto (52), gitar yang diproduksi di Sidoarjo, Jawa Timur, menembus pasar global. Bahkan, gitar merek Rick Hanes menjadi gitar terbaik tahun 2012 versi majalah Inggris, ”Guitar Planet”.

Tiga tipe gitar keluaran Rick Hanes menyabet predikat gitar terbaik 2012. Pemilihan itu hasil seleksi Guitar Planet terhadap 362 gitar elektrik dari sejumlah merek di dunia yang diproduksi tahun 2012.

Berdasarkan situs www.guitar-planet.co.uk, secara berurutan tiga peringkat teratas adalah gitar Rick Hanes tipe Chris Bickley DR Pro, lalu Rick Hanes Avenix dan Rick Hanes DR Medium. Tipe Chris Bickley DR Pro juga meraih penghargaan untuk kategori Artist Signature.

Selain penilaian juri, penobatan itu juga memperhatikan tingkat keterpilihan produk pada jejaring sosial. ”Kami tak pernah mengajukan gitar ini untuk diikutkan seleksi,” kata Tommy.

Padahal, gitar elektrik ini baru diproduksi sejak akhir 2010 di kawasan Waru, Sidoarjo. Sekitar 50 karyawan terlibat dalam produksinya.

Deru suara mesin pemahat mewarnai proses produksi gitar. Sesuai desain awal, kayu maple impor dari Kanada dipahat hingga membentuk rangka gitar. Rangka itu diperhalus, dicat, dipasangi senar, dan diperiksa kualitas bunyinya.

”Tak hanya kayu maple, gitar juga dibuat dari kayu sonokeling dan mahogani. Ini bahan terbaik dalam menghasilkan suara,” ujar Tommy, yang memberi merek Rick Hanes dari penggalan nama anaknya, Patrick Yohanes.

Tommy adalah pemilik perusahaan sekaligus pucuk pimpinan Rick Hanes. Ia berkutat dalam proses produksi, sedangkan Doddy memberi sumbangan ide dan pengembangan usaha ini.

Berguru

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com