Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agus Kuncoro Bantu Pecahkan Teka-teki Sejarah

Kompas.com - 08/07/2013, 20:53 WIB
Irfan Maullana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com --
Berperan sebagai seorang profesor dalam film layar lebar Adriana, artis peran Agus Kuncoro bertugas membantu Eva Celia (Adriana), Adipati Dolken (Mamen), dan Kevin Julio (Sobar) memecahkan teka-teki yang tersimpan dalam patung-patung bersejarah yang tersebar di Jakarta.

"Ini film tentang bagaimana kita belajar sejarah dengan cara yang berbeda, melihat patung-patung bersejarah di Jakarta," cerita Agus usai shooting Adriana di kawasan Silang Monas, Jakarta Pusat, Senin (8/7/2013).

Menurut Agus, di kehidupan nyata pun patung-patung bersejarah sampai Monas juga menyimpan banyak pertanyaan. "Banyak masalah yang kita enggak tahu seperti Monas setelah selesai dibangun 14 tahun baru dibuka, lalu kenapa patung Dirgantara menghadapnya ke sana," tuturnya.

Adriana menjadi film layar lebar pertama ruma produksi Visi Lintas Films yang disutradarai oleh Fajar Nugros dan Sophia Muller (dulu bernama Sophia Latjuba), serta diproduseri oleh Eko Kristianto. Adriana merupakan sosok fiksi yang diangkat dari cerita bersambung bernuansa misteri yang dibumbui cinta dan sejarah.

Lewat cerita ini, Nugros dan Sophia berharap penonton tergerak untuk mengunjungi museum dan tempat-tempat bersejarah yang ada di kota Jakarta.

Nugros merangkai sejarah masa lalu Ibu Kota negeri ini dan meramunya dengan sejarah bangsa Indonesia. Kisah ini menjadi rangkaian cerita yang menarik sehingga penonton akan seperti duduk di dalam sebuah roller coaster untuk menikmati petualangan ke masa lalu.

Pertemuan Mamen (Adipati Dolken) dengan Adriana di lift Perpustakaan Nasional akhirnya berbuntut rumit, panjang, namun romantis. Ajakan Mamen untuk pertemuan selanjutnya diterima Adriana dengan syarat, Mamen harus memecahkan teka-teki yang diberikannya. Jawaban dari teka-teki itulah yang menjadi penunjuk waktu dan tempat pertemuan mereka berikutnya.

Bersama Sobar (Kevin Julio), sahabatnya semasa di bangku SMA yang menyukai sejarah, Mamen mengupas lapis demi lapis sejarah Jakarta, guna memecahkan teka-teki Adriana. Namun masalah menjadi semakin rumit, setelah muncul orang ketiga. Pada saat bersamaan, Adriana justru dikejutkan dengan teka-teki yang dilemparkan kepadanya dari seseorang yang misterius.

Adriana, Mamen, dan Sobar, kemudian mencari petunjuk dari Profesor yang akan diperankan oleh Agus Kuncoro. Pemecahan teka-teki itu lantas menyeret ketiganya pada sejarah Soekarno, Muhammad Hatta, Adriana van den Bosch, Si Pitung, Pangeran Diponegoro, Fatahillah, Ki Hadjar Dewantara, M Husni Thamrin, Jenderal Sudirman, hingga Fatmawati. Adriana dan Mamen menjelajahi Jakarta untuk menemukan jawaban. Perjalanan itu memberikan pelajaran penting, bahwa Jakarta menyimpan sejarah unik di masa lalu dan memendam impian dan cinta yang tak pernah padam.

Pengambilan gambar perdana film ini telah dilakukan sejak 4 Juli 2013, dengan menggunakan puluhan lokasi di Jakarta, seperti Tugu Monas, Tugu Tani, Museum Nasional, Patung Pemuda, Tugu Proklamasi, Taman Suropati, Patung Pancoran, Museum Fatahillah, Patung Hermes, dan Kota Tua.

Adriana bakal diputar di bioskop-bioskop di Indonesia pada 31 Oktober 2013. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com