Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesna Beri Alunan Doa untuk "Ketika Tangan dan Kaki Berkata"

Kompas.com - 11/07/2013, 15:17 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Band Kesna--terdiri dari Keppe (bas), Eza (vokal), dan Shena (gitar)-- memilih untuk mendaur ulang lagu "Ketika Tangan dan Kaki Berkata", ciptaan Chrisye (komposisi) dan Taufiq Ismail (lirik), menjadi single religi perdana mereka dalam industri musik Indonesia.

Kesna memiliki alasan memilih lagu itu. "Pas bulan puasa tahun lalu, tiap Kesna bawain lagu itu di acara buka puasa bareng, ternyata banyak yang suka," kata Eza, yang besama Shena dan Keppe berkunjung ke kantor Redaksi Kompas.com di Jakarta, Rabu (10/7/2013). Kemudian, Gio Wibowo, produser musik Kesna dari Musica Studio's, perusahaan rekaman yang mengontrak mereka, meminta mereka menggarap lagu itu.

Kesna membuat aransemen musik baru ala mereka untuk lagu tersebut, yang berbeda dengan aransemen musik asli lagu itu. Ke dalam aransemen sederhana bernuansa akustik itu, petikan gitar akustik oleh Shena dimasukkan. "Ada penambahan part akustik, karena yang versi Om Chrisye itu sejak awal orkestrasi yang megah," jelas Shena.

Atas permintaan Indrawati Wijaya atau Acin, produser eksekutif dari Musica Studio's, perusahaan rekaman yang mengontrak Kesna, grup itu menambahkan lantunan doa oleh Eza pada intro dan tengah lagu tersebut untuk menguatkan nuansa religius lagu itu.

"Dulu Eza memang belajar qori seperti itu dan produser kami, Mas Gio, tahu Eza pernah belajar qori," cerita Eza. "Jadi, pas bulan puasa (2012) ada acara santunan anak yatim oleh Musica, di situ Eza azan magrib, dan Mas Gio sama Bu Acin dengar. Kata Bu Acin, 'Eza hawar-hawar bisa ngaji'. Akhirnya, Bu Acin excited banget, kayaknya di single ini harus ada ngajinya," lanjutnya.

Dalam single itu, Kesna menonjolkan kemampuan Eza dalam berolah vokal. "Kesna itu memang nonjolin suara Eza, makanya Shena main gitarnya hemat. Jadi, 'Ayolah, Kesna itu punya vokalis yang bagus'," ujar Keppe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com