Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Terbaru George Clooney Batal Putar Tahun Ini

Kompas.com - 24/10/2013, 06:36 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber AP
NEW YORK, KOMPAS.com — Jadwal tayang perdana film Perang Dunia II yang dibintangi George Clooney The Monuments Men mundur dari rencana semula. Film itu baru bisa dinikmati paling cepat pada awal 2014.

Semula, film tersebut dijadwalkan akan putar perdana pada 18 Desember 2013. Namun, Sony Pictures, Rabu (23/10/2013), mengonfirmasi bahwa jadwal putar film itu dimundurkan ke kuartal pertama 2014.

Clooney tak hanya menjadi aktor utama di film ini, tetapi juga menyutradarai dan ikut menulis skenarionya. The Monuments Men sedianya diharapkan menjadi penantang utama untuk Oscar 2014. Namun, pemunduran jadwal tayang tersebut memastikannya terlempar keluar dari penghargaan musim ini, meski tetap punya peluang untuk penghargaan musim berikutnya.

Sony pun terlihat tak mengharapkan pemunduran jadwal. Terlebih lagi, pada umumnya, film yang dirilis pada awal tahun jarang mendatangkan penghargaan. Dari sisi pendapatan, film punya peluang lebih laris ketika diputar pada musim liburan daripada pemutaran pada awal tahun.

Penundaan putar perdana The Monuments Men, menurut Sony, memberi kesempatan Clooney menyelesaikan perluasan efek visual di film tersebut. Dibintangi pula oleh Matt Damon dan Bill  Murray, The Monuments Men bercerita tentang satu peleton tentara dengan latar Perang Dunia II yang punya misi menyelamatkan karya seni dari tangan Nazi.

Berdasarkan kisah nyata, film ini mengadopsi buku Robert Edsel, The Monument's Men: Allie Heroes, Nazi Thieves and the Greatest Treasure Hunt in History. Dana 65 juta dollar AS dikabarkan telah digelontorkan Clooney untuk film dengan basuhan komedi populer ala The Great Escape tersebut.

Pemunduran jadwal putar perdana membuka peluang The Monuments Men bersaing lebih longgar di perburuan box office. Pemunduran jadwalnya menyusul beberapa film yang sudah lebih dulu diumumkan mengalami penundaan penayangan, yakni Foxcatcher, Grace of Monaco, dan The Immigrant.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com