Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nidji, dari Penikmat Film ke "King of Soundtrack"

Kompas.com - 04/04/2014, 18:28 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Nidji--yang terdiri dari Giring (vokal), Rama (gitar), Ariel (gitar), Andro (bas), Run-D (keyboard), dan Adri (drum)--bagai mengukuhkan diri menjadi band jagoan mencipta lagu tema film dengan merilis album terkini mereka, King of Soundtrack, di iTunes dan sejumlah digital store lain, pada 2 April 2014. Kesukaan mereka menonton film menjadi salah satu modal mereka untuk melahirkan lagu tema film.

"Selain passion kami di musik, kami berenam juga penikmat film," kata Ariel sekaligus mewakili rekan-rekan segrupnya ketika berkirim e-mail dengan Kompas.com di Jakarta, Jumat (4/4/2014).

Ariel mengatakan pula, dengan menjadi penikmat film, Nidji menjadi lebih mudah mencipta lagu tema film.

"Dan, ketika kami menerjemahkan film ke musik Nidji, enam kepala dengan ide masing-masing menyempurnakan soundtrack tersebut dengan dinamis," ujar Ariel.

Album King of Soundtrack berisi sejumlah lagu tema film box office Indonesia yang pernah dibuat oleh Nidji sampai 2013. Ada lagu tema film Laskar Pelangi, yang merupakan film populer 2008 dan telah ditonton oleh kira-kira 4,6 juta orang. Lagu “Laskar Pelangi” juga terpilih menjadi salah satu dari 150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa versi majalah Rolling Stone Indonesia. Ada pula, lagu tema drama seri AS Heroes, yang dipirsa oleh kira-kira 14,3 juta orang sejak tayang pada 2006.

Yang juga masuk dalam album itu adalah lagu tema film Sang Pencerah (2010), yang melibatkan Giring menjadi pemeran Sudja. Selain itu, ada lagu tema film 5 cm, yang rilis pada 2012. Ada juga lagu tema film Tenggelamnya Kapan Van Der Wijck, yang merupakan film box office Indonesia 2013 dan  Run-D main di dalamnya sebagai Bang Muluk.

Para personel Nidji mengaku puas dengan pencapaian film-film tersebut.

"Rasanya puas, ketika mereka (penonton) merasa film tersebut menjadi sempurna dengan adanya sentuhan lagu Nidji. Berarti, kami berhasil menerjemahkan cerita film ke musik kami," kata Ariel.

Menurut Ariel sekaligus mewakili teman-teman segrupnya, keberhasilan film-film itu menjadi salah satu faktor penting yang meningkatkan penjualan karya Nidji.

"Suksesnya film adalah salah satu faktor meningkatnya penjualan lagu-lagu soundtrack kami secara digital. Seperti contohnya, original soundtrack film 5 cm, baru rilis di https://itunes.apple.com/id/album/king-of-soundtrack/id843699155 dalam waktu beberapa jam langsung jadi peringkat ke satu di iTunes. Lalu, original soundtrack Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, tiga hari rilis di iTunes langsung jadi peringkat satu di iTunes chart. iTunes chart itu perhitungannya adalah berdasarkan jumlah lagu yang dibeli oleh konsumen," jelas Ariel.

Album King Of Soundtrack akan dirilis dalam bentuk CD pada akhir April 2014. Selain mengeluarkan album tersebut, Nidji masih memiliki proyek lagu tema untuk film-film yang akan datang. Salah satunya, Yasmine, film pertama yang diproduksi oleh warga Brunei Darussalam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com