Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jast5 Cipta Lagu dari Curhat Rekan Segrup

Kompas.com - 13/03/2015, 20:00 WIB
Irfan Maullana,
Yulianus Febriarko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Band pendatang baru yang mengusung musik pop-jazz, Jast5, sengaja mencipta lagu-lagu berdasarkan curahan hati alias curhat para personel grup itu. Sesi curhat tersebut biasanya dijalani oleh Kevin (gitar), Nino (gitar), Reizza Swarakesuma (vokal), Gilang Nasya Prazzydia (bas), Diedra Rasyid (keyboard), dan Ridwan Ardianto (drum) saban Senin.

"Kan setiap Senin kami kumpul di tempat latihan. Biasanya pas ngumpul itu, saya atau siapa, curhat. Nah, curhatan itu yang dibikin lagu rame-rame. Jadi, kami brainstorming bareng-bareng supaya jadi lagu yang enak," tutur Gilang sekaligus mewakili rekan-rekan segrupnya, usai tampil dalam acara bincang-bincang musik K-Akustik, yang disiarkan oleh Kompas.com secara langsung melalui jaringan internet dari Studio Sinergi, Jalan Palmerah Barat, Jakarta Barat, Kamis (12/3/2015).

Dari curhat para personel itu, Jast5 mencipta lagu-lagu "Dan Kini", "Tetangga", dan "Blue.

"Kalau 'Dan Kini' itu cerita tentang mantan (kekasih) saya. Waktu itu, saya curhat ke Nino. Dia bilang, "Za gue bikinin lagu aja ya'," cerita Reizza.

Lain pula dengan "Tetangga".

"Nah kalau 'Tetangga' itu tanya ke Nino deh," ujar Reizza lalu tertawa.

"Jadi, kalau 'Tetangga' itu pengalaman pribadi saya. Waktu itu ada teman yang jadi tetangga, terus naksir deh. Akhirnya sih enggak dapat (jadi pacar) juga," sambung Nino.

Untuk "Blue", giliran curhat Gilang yang dijadikan lagu.

"Jadi 'Blue' itu menceritakan tentang seorang cowok yang berusaha dekat dengan cewek. Awalnya ketawa-ketawa bareng, jalan bareng, dan sebagainya. Eh, akhirnya si cewek malah balikan lagi sama mantannya," kisah Gilang setengah curhat.

"Si cowok bilang bahwa mantannya enggak baik, mendingan sama dia gitu. Enggak lama kejadian, si mantannya itu nyakitin si cewek lagi," lanjutnya.

Setiap lagu dari Jast5 tersebut memang memiliki cerita sendiri. Hampir setiap kali berkumpul di rumah Kevin, para personel dipaksa untuk curhat agar mereka mendapatkan inspirasi untuk mencipta sebuah lagu.

"Ya, tiap kami kumpul, pasti pada bilang, 'Eh gantian curhat dong," seloroh Reiza.

"Jadi, seminggu sebelumnya harus punya 'masalah' agar bisa curhat di hari Senin-nya," timpal Kevin disambut tawa oleh rekan-rekan segrupnya.

Rencananya, Jast5 akan mengenalkan single perdana mereka pada April 2015.

"Rencana April tahun ini mau ngerilis 'Terpesona' dulu, karena lagu itu paling banyak disuka. Albumnya menyusul, masih tahun ini juga," kata Gilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com