Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dwiki Dharmawan: "Taubat" adalah Hasil Kontemplasi

Kompas.com - 01/06/2015, 20:50 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis musik Dwiki Dharmawan mengatakan bahwa lagu religi Taubat" diciptanya sesudah melakukan kontemplasi batin menjelang Ramadan.

"Lagu 'Taubat' itu ciptaan saya dan Teddy Snada. 'Taubat' adalah hasil kontemplasi. Jadi, menjelang ramadan lima tahun yang lalu, seperti biasa saya kontemplasi. Kala itu bareng mas Teddy Snada juga. Setelah melakukan kontemplasi, pas jam dua malam, saya duduk di depan piano dan muncul saja nada-nadanya hingga terciptalah lagu ini. Ketika itu direkam oleh Snada secara acapella," kata Dwiki dalam wawancara usai konferensi pers album Spiritual Journey di fX Mall, Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (1/6/2015).

Bagi penata musik kelahiran Bandung, Jawa Barat itu, lirik 'Taubat' cukup personal. "Lirik lagu 'Taubat' itu personal. Waktu ditulis keadaannya memang sangat personal. Ibaratnya saya bagai debu di tengah dunia. Tidak ada artinya di dunia ini. Nah, ketidakberdayaan itulah yang akhirnya menginspirasi saya seusai kontemplasi tadi dalam membuat lagu ini," tuturnya.

Dwiki berharap lagu "Taubat" dapat menggambarkan perjalanan spiritual dalam album Spiritual Journey milik istrinya, vokalis Ita Purnamasari.

"Perjalanan di dunia musik enggak lepas dari perjalanan spiritual. Rasa syukur atas kesehatan dan bisa berkarya itu menjadi bagian dari perjalanan spiritual. Semoga single 'Taubat' ini bisa menjadi satu lagu yang bener-bener menggambarkan perjalanan spiritual dalam album Spiritual Journey," kata Dwiki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com