Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rieke Diah Pitaloka: Tak Sulit Menulis Lirik Lagu "Bung Karno Bapak Bangsa"

Kompas.com - 25/06/2015, 09:30 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran dan anggota partai politik Rieke Diah Pitaloka Intan Purnamasari (41) menulis lirik lagu berjudul "Bung Karno Bapak Bangsa". Ia mengaku tak perlu melakukan penelitian dulu untuk menulis lirik lagu itu, karena ia sudah mengenal sosok Soekarno, Presiden RI pertama, meski hanya melalui buku-buku yang dibacanya sejak kecil.

Komposisi lagu "Bung Karno Bapak Bangsa" dicipta oleh Prananda Prabowo, putra Megawati Soekarnoputri yang juga merupakan personel band Rodinda.

"Kebetulan saya dipercaya nulis lirik lagunya," kata Rieke dalam wawancara sesudah menghadiri acara peluncuran single "Bung Karno Bapak Bangsa" di Restoran Pulau Dua, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2015) malam.

Lirik lagu tersebut mulai dan selesai ditulisnya pada Juni 2015.

"Saya enggak perlu penelitian. Bung Karno seperti mengaliri darah. Saya Sukarnois. Dari kecil baca buku Bung Karno, betul-betul sumber inspirasi saya," kata pemilik gelar S2 bidang filsafat dari Universitas Indonesia ini.

Bagi Rieke, tak begitu sulit menulis lirik lagu, karena sebagian besar kata-katanya ia ambil dari puisi karyanya yang sudah jadi.

"Sebenarnya, beberapa mengambil dari puisi saya yang sudah jadi. Saya berharap Bung Karno memberi inspirasi. Seni itu cara yang baik menginspirasi, karena tanpa menggurui," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com