Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

David Foster: Saya Takut dan Gemetar

Kompas.com - 06/03/2016, 19:40 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memulai karier musiknya pada 1971, produser dan komposer asal Kanada David Foster (66) memiliki segudang pengalaman yang tak diragukan lagi.

Enam belas trofi Grammy Awards diraihnya. Ia juga sukses melahirkan lagu-lagu indah yang dibawakan penyanyi-penyanyi kelas dunia.

Bagi Foster, pencapaian itu tidak mudah diraih. Ia mengaku pernah dihinggapi rasa takut, gugup, bahkan gemetar saat tampil di panggung.

"Saya main satu lagu. Ada 10.000 penonton dan saya sangat takut, gemetar," ucapnya dalam wawancara di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Minggu (6/3/2016) siang.

Kala itu umurnya 36 tahun. Ia diundang rekannya sesama musisi untuk tampil dalam konsernya pada 1985.

Kata Foster, saat itulah penampilannya di hadapan publik sebagai solois yang paling pertama.

"Saya tidak punya pengalaman. Dan saya mulai mainkan lagunya, ternyata orang-orang tahu lagunya karena itu hits. Dan akhirnya semua terasa menyenangkan," tuturnya.

Sejak saat itu, Foster pun mulai belajar dan terus belajar untuk mengasah kemampuannya bermusik sekaligus menjadi seorang penampil yang baik.

"Saya belajar cara tampil bagus di panggung. Saya belajar berkomunikasi dengan penonton. Karena hari itu, saya bahkan tak bisa mengucap satu kata pun karena saya sangat takut. Jadi Anda semua bisa belajar," ucap Foster.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com