Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Membuat "Prenjak" Menang dalam Festival Film Cannes 2016

Kompas.com - 27/05/2016, 18:30 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Prenjak baru saja mengukir sejarah baru untuk Indonesia setelah terpilih sebagai film pendek terbaik dalam "Critic's Week Festival Film Cannes 2016". Sang sutradara, Wregas Bhanuteja, bercerita usai menerima penghargaan itu.

Kata dia, seorang juri dari Amerika Latin menghampirinya dan mengungkap alasan mengapa filmnya bisa menang dalam ajang bergengsi ini.

"Dia bilang, 'Wregas, kami ketika nonton film kamu, saat menjuri, dari awal sampai akhir kami tertawa. Kami tidak menyangka ada ini. Tiap jokes komedinya kami tertawa'," tutur Wregas dalam konferensi pers film Prenjak di XXI Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (27/5/2016).

"'Tapi begitu si ibu (tokoh utama) ini sampai ke rumah bayar kontrakannya dan memandikan anaknya, kami semua di situ terharu dan kami bilang, oke, it's done. Ini pemenangnya'. Para juri berkata begitu dan menetapkan kami menjadi pemenang," imbuh dia.

Sutradara muda asal Yogyakarta itu menambahkan, para juri juga menilai Prenjak menjadi film yang paling sederhana pada ajang tersebut.

Namun demikian, dalam kesederhanaannya, Prenjak memiliki bahasa sinema yang sangat puitis.

"Mereka bilang Prenjak punya metafora-metafora yang itu tidak pernah mereka bayangkan sebagai penonton di Eropa. Ada ya kejadian ini di Jawa. Bagi mereka itu sangat puitis," ucap Wregas.

Film berdurasi 12 menit itu juga dianggap sebagai black comedy oleh para juri di Cannes. Sebab, Prenjak menceritakan sebuah kisah sedih lewat lelucon sederhana.

"Mungkin kisah black comedy ini adalah hal yang sangat dekat dengan budaya saya di Yogya. Enggak pernah menganggap sebuah kesedihan sebagai sesuatu yang harus ditangisi," kata Wregas.

"Contohnya, waktu gempa di Yogya tahun 2006, tetangga saya walaupun rumah ambruk, mereka masih bisa cerita sambil ketawa. 'Iki lho delok omahku ambruk ki'."

"Mungkin karena budayanya sangat dekat dengan kami, jadi kami tanpa sadar membuat film ini mengarah ke arah begitu (black comedy)," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com