Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nino Fernandez Akan Ikut Kejuaraan Barista

Kompas.com - 22/06/2016, 12:02 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Nino Fernandez (32) mengungkapkan ia akan mengikuti sebuah kompetisi barista nasional, Indonesia Barista Championship (IB), tahun ini.

"Gue mau ikut kompetisi barista tahun ini. Namanya IBC, Indonesia Barista Championship," katanya usai konferensi pers film Koala Kumal di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2016) malam.

Ia mengatakan, pemenang kompetisi yang digelar oleh Asosiasi Spesialis Kopi Indonesia (ASKI) itu akan mewakili Indonesia dalam kompetisi serupa di tingkat Asia.

Lalu pemenangnya bakal berkompetisi kembali di tingkat dunia dalam Kejuaraan Barista Dunia atau World Barista Championship (WBC).

"Kalau misalkan menang, baru dikirim ke luar negeri wakilin Indonesia," ucap Nino.

Ternyata dunia kopi bukan hal baru bagi pemain film Walaikumsalam Paris ini. Sudah lama ia mempelajari cara membuat dan menyajikan kopi. Ketika masih menetap di Hamburg, Jerman, ia mulai belajar menjadi barista.

"Gue memang passion-nya lebih ke bikin kopi. Belajar jadi barista itu dari umur 18. Tapi baru tekunin lagi sekarang, kira-kira sejak tahun lalu. Saya belajar sama pemenang barista dua tahun berturut-turut ini. Orang Indonesia," ujarnya.

Namun, ia masih enggan disebut sebagai barista karena tak menjadikan keahlian membuat dan menyajikan kopi itu sebagai profesi.

Keikutsertaannya dalam IBC nanti hanya sebagai salah satu passion atau hasrat terpendamnya sebagai pecinta kopi.

"Gue belum bilang diri gue sebagai barista karena setiap orang bisa. Gue bisa dibilang barista itu pada saat gue bekerja bener-bener di belakang meja. Gue suguhin kopi," kata Nino.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com