Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppie Andaresta Bicara Kuliner dan Berkumpul

Kompas.com - 22/08/2016, 15:29 WIB

KOMPAS - Sebagai orang Minang (Sumatera Barat), setidaknya ada dua tradisi yang bisa dibanggakan artis penyanyi Oppie Andaresta.

Pertama, tradisi kuliner Minang yang khas, dan kedua keguyuban serta kekuatan ikatan kekeluargaan mereka.

”Saya, biar pun cuek begini, bisa masak, lho. Masak rendang atau gulai. Dari kecil sama ibu memang sudah dibawa ke dapur. Ibu saya paling jago masak di keluarganya,” ujar Oppie.

Hal itu diceritakan Oppie, Jumat (19/8), saat tengah transit di Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara, untuk mengikuti Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba, 20-21 Agustus 2016.

Oppie menambahkan, beberapa menu andalan sang ibunda adalah gulai ikan pangek, berbahan utama daging ikan tongkol, dan juga gulai nangka muda.

Terkait dengan kuliner tradisional tadi, semua anggota keluarga Opie, baik dari pihak bapak maupun ibu, secara rutin berkumpul untuk arisan sambil masing-masing membawa makanan sendiri (potluck).

Dalam sebulan bisa ada dua kali pertemuan arisan dari kedua belah pihak keluarga tadi. Tujuan utamanya memang untuk silaturahim.

”Arisannya, sih, enggak mahal, cuma beberapa ratus ribu rupiah. Malah lebih mahal makanan yang dibawa. Anak saya kelas 4 SD sangat senang bisa ketemu banyak sepupunya,” tambah Oppie.

Berbeda dengan suaminya, Kurt Kaler, yang warga negara Amerika Serikat. Selain berkultur jauh lebih individualistis, sang suami juga hanya memiliki seorang saudara kandung. (DWA)

-------

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 21 Agustus 2016, di halaman 16 dengan judul "Kuliner dan Berkumpul".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com