Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rio Febrian Dapat Tantangan Baru

Kompas.com - 17/09/2016, 20:51 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Rio Febrian mengaku tertantang menyanyikan lagu-lagu daerah seperti yang baru saja ia tampilkan dalam pertunjukan "Indonesia Timur di Mata Ku".

Dalam aksi panggung yang digelar di galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu (17/9/2016), Rio membawakan lagu-lagu daerah dari Indonesia Timur dan beberapa lagu yang ia populerkan sendiri.

"Dapat tantangan bawa lagu ini, masuk ke ranah karakter gue sendiri. Sama bisa mengaransemen, tapi tidak mengubah warna lagu daerah itu sendiri," ujar Rio usai pertunjukan.

Pelantun "Jenuh" tetap memasukkan unsur pop dalam setiap lagu daerah yang dinyanyikan untuk memberi rasa kekinian. Hal itu juga dilakukan untuk menjaga ciri khas nyanyian Rio.

"Senang bisa (tampil) sama teman band gue, bisa aransemen lagu daerah. Kami bisa bikin suasana lebih pop dan lebih modern sekarang," kata Rio.

"Maluku dan Papua aja (diberi) progresi chord dan melodinya berbeda. Bisa diaransemen pop tapi enggak bisa hilangkan benang merahnya," imbuhnya.

Bagi Rio, Indonesia kaya akan beragam jenis musik. Karena itu, ia berpesan, sudah sepantasnya para pemusik melestarikan musik dalam negeri.

"Lagu Indonesia kaya banget, kita sendiri musisi dan penyanyi punya PR (pekerjaan rumah) besar untuk bisa dikenal dengan generasi sekarang. Penyanyi generasi sekarang banyak yang enggak kenal lagu daerah," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com