Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iwan Fals Akan Menggoyang Ponorogo Selasa Malam Ini

Kompas.com - 04/10/2016, 12:00 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

PONOROGO, KOMPAS.com --Pemusik legendaris Iwan Fals akan tampil bersama grup Swami dan berduet dengan Bupati Ponorogo, Jawa Timur, dalam acara puncak Grebeg Suro, yang diadakan pada Selasa (4/10/2016) malam.

Iwan dan sang bupati, Ipong Muchlissoni, akan membawakan lagu-lagu "Bongkar" dan "Buku Ini Aku Pinjam" di panggung Alun-alun Ponorogo.

Kasubag Humas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo, Setyo Budiyono, mengatakan bahwa penampilan mereka akan menjadi bagian dari Konser Budaya Iwan Fals.

Konser tersebut merupakan puncak dari rangkaian acara Grebek Suro, yang digelar oleh Pemkab Ponorogo sejak pertengahan September 2016.

Konser itu diselenggarakan untuk umum dan gratis.

Budi mengatakan pula bahwa Iwan akan manggung bersama grup Swami, yang besar pada akhir 1980-an hingga awal 1990-an.

Iwan akan tampil dengan 17 lagu yang bertema kritik sosial hingga percintaan. Sebut saja, "Tikus Kantor", "Wakil Rakyat", "Antara Aku Kau dan Bekas Pacarku", dan "Aku Bukan Pilihan".

Selain mengadakan konser itu, Pemkab Ponorogo juga menggelar Festival Nasional Reog Ponorogo, semaan Al Quran, grand final Pemilihan Duta Wisata Kakang-Senduk, dan Bumi Reog Bersalawat.

Ada pula pameran bonsai, pameran industri kecil dan produk unggulan, pameran pusaka, pameran seni rupa, pameran foto, dan pameran akik.

Pemkab Ponorogo juga menyelenggarakan lomba-lomba keagamaan, mocopat, karawitan, ketoprak, dan burung perkutut, di samping ziarah ke Makam Bathoro Katong, kirab pusaka, lintas sejarah, pesona wisata, tumpeng purak, wayang kulit, larungan Telaga Ngebel, dan ruwatan bumi reog.

Untuk mengamankan dan menyamankan kelangsungan Konser Budaya Iwan Fals, dikerahkan para petugas keamanan di dan sekitar Alun-Alun Ponorogo.

Sebelum masuk ke area konser tersebut, barang bawaan dan kondisi semua calon penonton diperiksa, untuk mencegah terjadi kericuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com