Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melanie Putria Belajar via Dongeng

Kompas.com - 12/10/2016, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sebagai ibu, Puteri Indonesia 2002 Melanie Putria pernah mati gaya ketika tak berhasil menyuruh anaknya, Sheemar, menyikat gigi pada malam hari.

Padahal, kebiasaan itu sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi.

"Akhirnya, karena dia suka tampil seperti ibunya, dia saya ajak pura-pura tampil menyanyi di panggung. Lengkap dengan kostum. Ibunya jadi MC merangkap penonton. Heboh pokoknya," kata Melanie saat peluncuran Cerita Petualangan Mama Sigi dan Pepo di Jakarta, Selasa (11/10/2016).

Dari situ, Melanie memasukkan kebiasaan menyikat gigi pada malam hari. Dia menyadari, satu hasil penelitian menunjukkan, 77 persen anak tidak biasa menyikat gigi pada malam hari dan 70 persen orangtua tidak memiliki kebiasaan itu.

Betapa gembira hatinya kala Sheemar kini rutin menjalankan kebiasaan tersebut tanpa disuruh lagi.

"Bukan hanya itu, Sheemar juga lebih percaya diri dan berani tampil. Tidak grogi meski umurnya baru lima tahun," ujar Melanie bangga.

Selain itu, Sheemar pun suka mengajak sepupunya untuk melakukan kebiasaan tersebut.

"Dia bilang, malas sikat gigi akan membuat bakteri banyak di gigi dan nantinya bikin sakit gigi. Padahal, dia belum tahu apa itu bakteri, ha-ha,” tutur Melanie. (TIA)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 12 Oktober 2016, di halaman 32 dengan judul "Belajar via Dongeng".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com