Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vina Panduwinata Digemari Remaja

Kompas.com - 20/12/2016, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Meski banyak lagu yang dinyanyikan Vina Panduwinata (57) termasuk lawas, karya-karya tersebut tetap populer di kalangan pelajar saat ini.

Setidaknya itulah yang terlihat saat Vina tampil pada acara Terima Kasih Guruku di SMA Negeri 70, Jakarta, Sabtu (17/12/2016).

Penyanyi kawakan itu terkejut ketika penonton yang masih remaja menggemari lagu-lagu lamanya.

Mata Vina-yang kerap menyebut dirinya dengan Mama Ina itu-berbinar-binar sewaktu para pelajar SMA hafal judul-judul hitnya, seperti "Burung Camar", "Surat Cinta", "Logika", dan "Citra Biru".

"Ya ampun, 'Citra Biru'. Itu lagu ciptaan James F Sundah. Lagu di album pertama Mama Ina," kata Vina disambut gelak penonton.

Acara itu juga menjadi ajang berkumpul alumni SMA Negeri 70 angkatan 1985 yang tentunya akrab dengan lagu Vina. Wajar agaknya jika Vina terkejut.

Album perdana Vina diluncurkan sekitar 35 tahun lalu, jauh lebih awal dari tahun kelahiran pelajar SMA saat ini. Namun, penonton yang masih belia itu fasih melantunkan lagu-lagu lama Vina.

"Jadi, kalian ternyata waktu bayi terlalu dijejali lagu Mama Ina, ya. Jadi nempel di kepala," kata Vina sambil tersenyum.

Sebagian penonton meminta Vina menyanyikan lagu "Kumpul Bocah". Sadar penontonnya bukan anak-anak, Vina pun melontarkan gurauannya.

"Mau lagu 'Kumpul Bocah'? Kamu jadul (zaman dulu) banget. Ini bocah kolot semua," ujar Vina kembali disambut tawa penonton.

Vina juga menceritakan cucunya yang bisa menyanyikan "Surat Cinta" dan menyampaikan pertanyaan terkait zaman dengan kecanggihan telekomunikasi saat ini.

"Kata cucu saya, 'Mama Ina, pak pos itu siapa, ya?'. Ya ampun, tua banget ya saya," ucapnya seraya tertawa. (BAY)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 20 Desember 2016, di halaman 32 dengan judul "Digemari Remaja".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com