Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giring "Nidji" Ajari Anak soal Demokrasi dan Partisipasi Politik

Kompas.com - 15/02/2017, 15:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Vokali band Nidji, Giring Ganesha, tak menyia-nyiakan hak pilihnya sebagai dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 yang berlangsung hari ini, Rabu (15/2/2017).

Dalam momen istimewa tersebut, Giring dan istrinya, Cynthia Riza, mengajak tiga anak mereka ke TPS 64 di Jalan Deplu VI, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Anak-anak mereka melihat langsung tata cara menggunakan hak pilih. Dari menandatangani daftar hadir, memastikan surat suara dalam kondisi baik, mencoblos, memasukkan surat suara ke kotak yang tersedia, hingga mencelupkan jari ke dalam tinta.

"Saya ajarkan demokrasi. Tapi, yang paling penting, saya ajarkan bagaimana mereka bisa mencintai bangsa dan negara ini dengan berpartisipasi politik. Bukan berarti harus terjun ke badan legislatif atau birokrasi, tapi berpartisipasi cuma mencoblos gitu aja udah berpartisipasi," tuturnya ketika ditemui usai mencoblos.

Melalui cara tersebut, Giring berharap anak-anaknya ketika cukup usia nanti akan mengingat dan dengan senang hati berpartisipasi dalam "pesta" demokrasi yang berlangsung.

"Dari kecil, kalau mereka udah ikut, pasti sampai besar nanti akan terngiang-ngiang bahwa ini adalah saat mereka merayakan. Banyak yang anggap ini adalah peperangan, tapi buat saya ini adalah pesta demokrasi," ucap Giring. (Tribunnews.com/Regina Kunthi Rosary)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com