Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/02/2017, 21:51 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Koreografer dan penyanyi Denny Malik (53) ditunjuk langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menghibur Raja Salman bin Abdulaziz di Istana Bogor, Rabu (1/3/2017).

Denny diminta Jokowi untuk memberikan suguhan berupa tarian tradisional kepada Raja Salman dan rombongannya. Ada 50 penari dan pemusik yang akan menyuguhkan dua tarian asal Aceh.

"Langsung dari Pak Jokowi. Memang baru seminggu dihubungi," ujar Denny saat dihubungi, Selasa (28/2/2017).

Denny mengatakan, tari zapin merupakan salah satu tarian yang akan dibawakan. Menurut dia, tari zapin yang bernuansa Melayu itu lekat dengan budaya Arab.

Sedangkan untuk para penari dan pemusik, lanjut Denny, semuanya laki-laki. Segala persiapan sudah dilakukan meski semua serba mendadak, hanya latihan tiga hari sebelum tampil di Istana Bogor.

"Untungnya saya pernah bikin tari zapin karya saya. Jadinya kebetulan saya bisa tampilin. Kostum juga baru bikin, saya yang desain sendiri," kata dia.

"Walaupun ada permintaan cuma seminggu kami siaplah. Insya Allah lancar," lanjut dia.

Diberitakan sebelumnya, pihak Istana Kepresidenan menyiapkan tarian tradisional untuk menyambut kedatangan Raja Salman bin Abdulaziz. Selain sebagai hiburan, tarian ini disiapkan untuk memperkenalkan budaya Indonesia.

Akan ada empat tarian yang disiapkan, yakni zapin, medley nusantara, saman, dan darussalam.

"Kan ini Arab, yang dekat dengan Arab itu Aceh dan Melayu. Jadi tari yang disiapkan Aceh Melayu," kata Kepala Sekretariat Presiden Darmansyah Djumala di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/2/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com