Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Sosok Wanita yang Memotivasi Tulus dalam Bernyanyi

Kompas.com - 15/05/2017, 20:57 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Penyanyi Muhammad Tulus Rusydi (29) tak akan pernah melupakan kata-kata motivasi yang diucapkan seorang wanita kepadanya. Baginya, wanita tersebut merupakan sosok inspirasi.

“Kalau di dunia musik, orang yang pertama kali bilang saya bisa nyanyi adalah seorang wanita yang profesinya guru SD. Dia guru saya kelas 5, namanya Ibu Nur,” kata Tulus saat sedang berbincang dengan media di Lewis & Carroll, Jakarta Selatan, Senin (15/5/2017).

”Dia bilang saya bisa nyanyi dan kalau saya mau, saya bisa jadi penyanyi pas udah besar nanti. Kata-kata itu gak akan pernah saya lupa sampai sekarang,” imbuhnya.

[Baca juga: 10 Perempuan Kuat di Bidang Pendidikan Versi Tulus]

Lebih lanjut, pemuda kelahiran Bukittinggi, Sumatera Barat, 20 Agustus 1987 ini menjelaskan bahwa waktu dipuji sang guru, ia sedang mengikuti pelajaran Kesenian.

“Saya disuruh nyanyi di depan kelas dan dia bilang suara saya bagus. Saya jadi pede,” kata pelantun “Manusia Kuat” ini.

“Jadi, saya kalau kehilangan percaya diri, saya ingat aja ‘Oh, suara gue bagus, kok’,” lanjutnya sambil tertawa.

Bagi Tulus, sosok guru SD-nya itu bukan hanya sekadar memberikan inspirasi saja, melainkan bisa membawa dampak positif di hidupnya.

 “Kalau dibawa ke diri saya, saya alhamdulillah udah 5 tahun lebih, hampir 6 tahun bermusik, banyak dampak positif yang dirasakan,” ujar pemilik album Monokrom ini.

“Dan saya manfaatin itu, bawa dampak yang lebih besar lagi. Selama ini ada masa di mana saya bisa bawa diri saya lewat musik, setelahnya saya sadar saya bisa lakuin yang lain,” tandasnya.

[Baca juga: Tulus Persembahkan Manusia Kuat untuk 10 Wanita Inspiratif Indonesia]

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com