Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adib Hidayat: Musik Indonesia Berkembang dengan Berbagai Genre

Kompas.com - 15/07/2017, 23:28 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat musik Adib Hidayat mengungkapkan, bahwa terjadi perkembangan dalam industri musik Tanah Air selama kurun waktu 10 tahun terakhir.

Hal itu diungkapkan oleh Adib saat menghadiri road to Soundrenaline 2017 dalam sebuah bincang-bincang di Bexter Smith, Senopati, Jakarta Selatan, Selasa (11/7/2017).

Menurut Adib, saat ini banyak band-band berbagai genre yang mulai bermunculan. Berbeda pada 10 tahun lalu yang didominasi oleh band beraliran pop saja.

"Sepuluh tahun terakhir lagi bagus-bagusnya. Banyak genre yang keluarin nama-nama berkualitas. Apalagi musik streaming sekarang luas. Kalau dulu go international digaungkan, sekarang dengan digital itu diputus," kata Adib.

Secara tidak langsung, kata Adib, era streaming telah membuka akses para musisi dalam negeri untuk dikenal oleh dunia internasional.

Menurut dia, itu sudah banyak terjadi. Apalagi setiap genre di Indonesia memiliki juaranya masing-masing. Mereka punya komunitas dan fanbase yang luar biasa militan dan fanatik.

"Mereka punya fanbase yang luar biasa. Kalau lihat di Instagram mereka itu banyak job manggungnya. Kalah tuh sama yang di tv," ucap dia.

[Baca juga: Iga Massardi Berharap Soundrenaline 2017 Bukan Sekadar Suguhan Musik]

Pendapat yang sama juga dilontarkan oleh penyanyi Neonomora atau Ra yang membawa karya di luar negeri. Ra sendiri membawa karya dengan menggelar tur internasional di Amerika Serikat pada April 2017 kemarin.

"Setuju sama Mas Adib. Karena banyak penyanyi lintas genre yang menjamur, dan banyak penyanyi yang menjadi diri mereka sendiri. Seneng banget karena banyak penyanyi yang bermunculan," ujar dia.

"Era 1990-an musik yang terekspos itu-itu aja. Musik lain enggak cukup terkenal seperti musik metal dan lain-lain. Sekarang sudah memiliki komunitas dan terekspos. Sekarang semua orang bisa memproduksi," sambung penyanyi Mondo Gascaro.

Tidak hanya Ra dan Mondo yang bersuara, penyanyi jazz Andien juga mengungkapkan pendapatnya tentang perkembang musik Tanah Air.

Andien yang merasakan produksi rekaman mulai dari zamannya kaset pita hingga digital mengaku bahwa musik Indonesia semakin luas berkembang.

"Saya melihatnya, dari dulu punya album rekaman pakai pita, cd, sampai digital. Saya melewati semua fase itu," kata dia.

"Indonesia punya kesempatan di mata dunia. Anak muda Indonesia sangat kreatif. Apalagi kita (beberapa musisi) juga banyak mendapatkan penghargaan di mata dunia," kata dia.

[Baca juga: Iga Massardi Usung Rhythm of The People di Soundrenaline 2017]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com