Alan Menken, Sosok di Balik Lagu-lagu Film Disney - Kompas.com

Alan Menken, Sosok di Balik Lagu-lagu Film Disney

Kompas.com - 17/07/2017, 09:39 WIB
Komposer Alan Menken tampil dalam konser A Whole New World with Alan Menken di acara D23 Expo di Anaheim Convention Center, Anaheim, California, Minggu (16/7/2017).Disney/Image Group LA Komposer Alan Menken tampil dalam konser A Whole New World with Alan Menken di acara D23 Expo di Anaheim Convention Center, Anaheim, California, Minggu (16/7/2017).

ANAHEIM, KOMPAS.com - Siapa tidak kenal lagu "Beauty and the Beast" atau "Colors of the Wind" dari film Pocahontas.

Ada sosok yang tidak bisa dilepaskan dari kesuksesan lagu-lagu dari film-film keluaran Disney seperti Beauty and the Beast, Aladdin, Hunchback of Notredame, ataupun Tangled.

Dialah Alan Menken, komposer musik panggung dan film sekaligus pianis yang menciptakan lagu-lagu dari film-film animasi tersebut.

Pada penyelenggaraan D23 Expo di Anaheim Convention Center, Aneheim, California, Menken memberikan persembahan khusus kepada para fans Disney, Minggu (16/7/2017).

Dalam konser bertajuk "A Whole New World with Alan Menken" itu, Menken menyanyikan tembang-tembang karya yang sudah dibuatnya sejak ia mengawali karier sebagai musisi.

Konser itu dibuka oleh aktor Zachary Levi, pemeran Flynn dalam film animasi produksi Disney, Tangled.

Sebagai informasi, Levi dan lawan mainnya dalam Tangled, Mandy Moore, berduet dalam lagu "I See The Light".

Mengawali konsernya, Menken bercerita tentang masa kecilnya. Menken menuturkan dia datang dari keluarga dokter gigi. Kakeknya dokter gigi, ayah, dan pamannya pun berprofesi sama.

Meskipun demikian, ia lebih tertarik pada musik. Ia pun berlatih piano dan mulai menciptakan lagu.

Sambil bercerita tentang kehidupannya, Menken pun menyanyikan sendiri lagu-lagu karyanya.

Tidak ada bintang tamu penyanyi lain yang pernah membawakan lagunya. Pria kelahiran 22 Juli 1949 itu hanya ditemani sebuah grand piano di panggung.

Ada cerita menarik yang dituturkan Menken. Ketika memenangi Piala Oscar pertamanya berkat lagu dari The Little Mermaid, Menken justru mendapat Razzies Award gara-gara lagunya dari film Newsies.

Ia juga menceritakan kenangannya dengan partner menulis lagunya, Howard Ashman, yang meninggal karena komplikasi penyakit HIV.

Kolaborasi mereka berhasil menelurkan lagu-lagu bagus untuk film The Little Mermain, Beauty and the Beast, dan Aladdin.

Bersama Ashman, Menken meraih dua Piala Oscar. Masing-masing untuk lagu "Under the Sea" dari The Little Mermaid (1989), dan "Beauty and the Beast" pada 1991.

Pada konser beberapa lagu terkenalnya, termasuk lagu soundtrack Aladdin, A Whole New World, yang menjadi judul konser tersebut.

Pada kesempatan sama, Menken mengumumkan bahwa ia sedang menggarap musik dan lagu untuk film The Little Mermaid versi live action.

Ia berkolaborasi dengan seorang aktor dan produser panggung yang saat ini sedang naik daun, Lin-Manuel Miranda.

Alan Menken mendapat standing ovation dari para fans Disney. Tepuk tangan itu cukup lama, sampai Menken pun naik ke panggung lagi untuk mengucapkan terima kasih.

 

EditorKistyarini
Komentar
Close Ads X