Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tika Bravani Terinspirasi Nyai Ahmad Dahlan

Kompas.com - 08/08/2017, 17:32 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memerankan Nyai Ahmad Dahlan dalam film Nyai Ahmad Dahlan rupanya membuat artis peran Tika Bravani terinspirasi. Terlebih setelah Tika membaca beberapa buku dan literasi tentang Nyai.

"Mengigat aku baca sejarah Nyai, masa iya ya perempuan zaman dulu segitunya banget. Meskipun memang Kartini dan Nyai Ahmad Dahlan berbeda keluarga, tapi mereka punya napas perjuangan yang sama, memperjuangkan hak perempuan," kata Tika dalam jumpa pers film Nyai Ahmad Dahlan di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, belum lama ini.

"Sebagai istri dan ibu sangat menginspirasi sekali. Beliau mendukung perjuangan suami. Ibarat tangan, suami tangan kanan dia tangan kirinya. Dia berusaha untuk keluar dari zona nyamannya sebagai perempuan," imbuhnya.

Tika berharap perempuan masa kini senantiasa mengingat para pejuang wanita yang telah memperjuangkan hak perempuan.

"Menurut aku perempuan masa kini itu mesti inget perjuanagn Nyai dulu. Kita ini sekarang bisa dandan dan main sosial media, nongkrong sama teman, kadang kita lupa dulu perempuan segitunya. Harusnya kita bisa bertanggung jawab dan lebih cerads lagi," ujarnya.

Selain Tika Bravani, film produksi Iras Film ini juga melibatkan artis peran David Chalik, Cok Simbara, Della Puspita dan masih banyak lagi.

Nyai Ahmad Dahlan dijadwalkan tayang pada 24 Agustus 2017 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com