BJ Habibie: Ada Dua Nama Calon Pemeran Habibie Sebelum Reza Rahadian - Kompas.com

BJ Habibie: Ada Dua Nama Calon Pemeran Habibie Sebelum Reza Rahadian

Tri Susanto Setiawan
Kompas.com - 08/08/2017, 22:06 WIB
Mantan Presiden BJ Habibie (kedua kiri) bersama Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf (kedua kanan) menekan tombol sebagai tanda dibukanya Bekraf Habibie Festival 2017 disaksikan oleh Pendiri Berkarya Indonesia Ilham Habibie (kiri), dan CEO Orbit Ventura Sachin Gopalan (kanan) di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta, Senin (7/8/2017). Habibie Festival 2017 merupakan perayaan peran dan kontribusi BJ Habibie sebagai sosok figur nasional dan ikon ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. ANTARA FOTO/Meli Pratiwi/RIV/aww/17.ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga Mantan Presiden BJ Habibie (kedua kiri) bersama Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf (kedua kanan) menekan tombol sebagai tanda dibukanya Bekraf Habibie Festival 2017 disaksikan oleh Pendiri Berkarya Indonesia Ilham Habibie (kiri), dan CEO Orbit Ventura Sachin Gopalan (kanan) di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta, Senin (7/8/2017). Habibie Festival 2017 merupakan perayaan peran dan kontribusi BJ Habibie sebagai sosok figur nasional dan ikon ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. ANTARA FOTO/Meli Pratiwi/RIV/aww/17.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie ( BJ Habibie) mengungkapkan bahwa ada dua nama yang pernah menjadi calon kandidat sosoknya dalam film Habibie & Ainun dan Rudy Habibie.

"Habibie muda Giring Nidji, saya enggak tahu. Pas Habibie tua Agus Kuncoro, saya enggak tahu. Waktu itu saya bilang terserah kalian," kata Habibie di Gedung MD Place, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (8/8/2017).

Ya, Habibie telah menyerahkan sepenuhnya kepada rumah produksi MD Pictures untuk mencari aktor yang tepat memerankan sosoknya. Menurut Habibie, hal tersebut pun atas penilaian sutradara Hanung Bramantyo.

"Yang jelas jalan cerita nanti harus berdasarkan persetujuan saya," kata Habibie.

Sampai di suatu waktu, nama artis Reza Rahadian muncul secara tiba-tiba. Ketika itu, tim produksi melakukan pra produksi dengan mengunjungi lokasi shooting di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Di situ, Hanung melihat sebuah foto.

"Waktu dilihat Hanung, ini siapa? Orang situ bilang ini Habibie muda. Terus dia (Hanung) minta waktu, datang ke rumah saya, dia tanya siapa ini. Saya bilang saya," kata Habibie.

[Baca juga: Reza Rahadian: Saya Best Actor Pertama dari Indonesia dalam APFF]

Hanung pun langsung teringat sosok Reza yang mirip dengan Habibie muda. Ia pun langsung berembuk dengan tim produksi dan mengusulkan nama Reza kepada Habibie.

"Dia bilang gimana kalau kami usulkan dia yang pegang peran. Terus Reza ditelepon, dicasting dan sebagainya. Diperkenalkan ke saya," katanya.

"Waktu itu saya lagi kerja jam 11 malam, dia (Reza) telepon mau ketemu saya. Dia datang, dia bacakan dialog, enggak begitu Reza, harus saya ajarkan. Setelah itu, setiap saya kerja, terima tamu dia selalu ada. Dia berbakat," sambung Habibie.

[Baca juga: Reza Rahadian Genggam Trofi APFF 2017, BJ Habibie Ingin Gelar Syukuran]

PenulisTri Susanto Setiawan
EditorBestari Kumala Dewi

Komentar