Reza Rahadian: Saya Best Actor Pertama dari Indonesia dalam APFF

Kompas.com - 04/08/2017, 12:23 WIB
Reza Rahadian memperlihatkan trofi Best Actor Asia Pacific Film Festival 2017 di Sinematek Indonesia, Jakarta Selatan, Kamis (3/8/2017). KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGReza Rahadian memperlihatkan trofi Best Actor Asia Pacific Film Festival 2017 di Sinematek Indonesia, Jakarta Selatan, Kamis (3/8/2017).
|
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Reza Rahadian (30) mengatakan bahwa ia menjadi aktor pertama Indonesia yang memenangi kategori Best Actor sepanjang sejarah penyelenggaraan Asia Pacific Film Festival (APFF), dengan meraih penghargaan itu dalam APFF 2017.

Dengan kata lain, Reza Rahadian berhasil mencetak sejarah untuk Indonesia dalam APFF, yang diselenggarakan sejak 1954.

"Untuk kategori aktor, kenapa saya senang banget, karena Indonesia pertama kali mendapatkan Best Actor sepanjang Asia Pasific Film Festival ini ada," ujarnya dalam wawancara di kantor Sinematek Indonesia, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (3/8/2017).

Baca juga: Reza Rahadian Jadi Best Actor dalam Asia Pacific Film Festival 2017

Reza Rahadian menjadi Best Actor dalam APFF 2017 berkat aktingnya sebagai Rudy Habibie dalam film Rudy Habibie (2016).

Dari informasi yang didapatnya, ia mengetahui bahwa Indonesia sudah beberapa kali masuk nominasi dan menang dalam kategori Best Actress.

Para aktris itu adalah Christine Hakim, Ria Irawan, Widyawati (film Perempuan Berkalung Sorban), dan Prisia Nasution (film Sang Penari).

"Tapi, buat Best Actor, ini yang pertama. Untuk menjadi yang pertama dalam sejarah keterlibatan Indonesia dalam APFF, buat saya itu kebanggan tersendiri," ujarnya.

Baca juga: Reza Rahadian Inginkan Tokoh Nasional Berpemikiran Liar

Karena itu, Reza Rahadian merasa bahwa kemenangan itu bukan cuma untuknya, melainkan juga untuk Indonesia.

"Ini untuk Bangsa Indonesia, karena ini prestasi Indonesia. Ini adalah milik Bangsa Indonesia dalam arti saya mendedikasikan ini khususnya untuk masyarakat film, pecinta film Indonesia, dan aktor-aktor Indonesia," ucapnya.

Baca juga: Mira Lesmana: Mau Jadi Aktor Terbaik Tonton Film-film Reza Rahadian

Selain Reza menjadi Best Actor, komposer Tya Subiakto juga memenangi penghargaan Penata Musik Terbaik berkat karyanya untuk film Rudy Habibie.

APFF diselenggarakan oleh Badan Direktur Federasi Produser Film Asia Pasifik untuk memberi apresiasi kepada para insan film se-Asia Pasifik.

APFF ke-57 diadakan di Phnom Penh, Kamboja, pada 28-30 Juli 2017.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X