Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilham Muji Riyanto Keliling Indonesia Demi Belajar Tari Nusantara

Kompas.com - 28/08/2017, 21:15 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Dialah Ilham Muji Riyanto, salah satu pendiri Sanggar Tari Cipta Budaya yang berlokasi di Tangerang. Lewat sanggar ini, Ilham menunjukan kecintaannya pada tari tradisional.

Ketika berbincang dengan Kompas.com di Galeri Cipta III, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Senin (28/8/2017), Ilham mengatakan bahwa dirinya sudah belajar tari tradisional sejak kecil. Ia sampai keliling Indonesia untuk belajar secara langsung.

“Saya sudah berkecimpung di dunia tari sejak lama. Ikut sanggar-sanggar, mencoba hal baru. Ketika saya ingin mempelajari tarian baru, misalnya Kalimantan, saya ke Kalimantan. Saya mempelajari lebih dalam lagi,” ujar Ilham.

“Alhamdulillah sudah (mengunjungi) semuanya (provinsi untuk belajar tarian). Saya keliling Indonesia sejak SD, umur 10 tahun,” sambungnya.

[Baca juga: Pementasan Jakarta Dance Meet Up #2 Kembali Libatkan Pengamat]

Pemuda kelahiran 1 Juli 1966 ini mengungkapkan pula bahwa ia merasa ada yang kurang bila belajar tarian nusantara hanya di Jakarta saja.

“Karena gini, kalau kita hanya belajar di Jakarta tok, masih ada yang kurang. Saya mencoba hal yang baru lagi,” ujar Ilham.

“Contoh, tarian Belian Bawo dari Kalimantan. Saya belajar langsung ke sana. Saya pengin pelajari lebih dalam apa sih Belian Bawo ini, filosofinya gimana, saya tanyain sendiri. Jadi saya tahu, enggak hanya katanya-katanya aja,” pungkasnya.

Lewat kemampuan tarinya, Sanggar Tari Cipta Budaya ini pun sudah menorehkan beragam prestasi dan tampil negara lain, seperti Korea.

Ilham sendiri pernah meraih penghargaan Festival Cisadane pada 2015 lalu, serta Festival Lebaran Betawi pada 2015 dan 2016 lalu.

Proyek terbarunya di bidang tari adalah ia akan menjadi koreografer mewakili sanggarnya dalam gelaran acara Jakarta Dance Meet Up #2 di Gedung Kesenian Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (30/8/2017) mendatang.

[Baca juga: Jakarta Dance Meet Up #2 Pertemukan Para Koreografer dan Penari Muda]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com