Ilham Muji Riyanto Keliling Indonesia Demi Belajar Tari Nusantara - Kompas.com

Ilham Muji Riyanto Keliling Indonesia Demi Belajar Tari Nusantara

Sintia Astarina
Kompas.com - 28/08/2017, 21:15 WIB
Ilham Muji Riyanto selaku pendiri Sanggar Tari Cipta Budaya ditemui Kompas.com di Galeri Cipta III, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Senin (28/8/2017).KOMPAS.com/SINTIA ASTARINA Ilham Muji Riyanto selaku pendiri Sanggar Tari Cipta Budaya ditemui Kompas.com di Galeri Cipta III, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Senin (28/8/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com – Dialah Ilham Muji Riyanto, salah satu pendiri Sanggar Tari Cipta Budaya yang berlokasi di Tangerang. Lewat sanggar ini, Ilham menunjukan kecintaannya pada tari tradisional.

Ketika berbincang dengan Kompas.com di Galeri Cipta III, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Senin (28/8/2017), Ilham mengatakan bahwa dirinya sudah belajar tari tradisional sejak kecil. Ia sampai keliling Indonesia untuk belajar secara langsung.

“Saya sudah berkecimpung di dunia tari sejak lama. Ikut sanggar-sanggar, mencoba hal baru. Ketika saya ingin mempelajari tarian baru, misalnya Kalimantan, saya ke Kalimantan. Saya mempelajari lebih dalam lagi,” ujar Ilham.

“Alhamdulillah sudah (mengunjungi) semuanya (provinsi untuk belajar tarian). Saya keliling Indonesia sejak SD, umur 10 tahun,” sambungnya.

[Baca juga: Pementasan Jakarta Dance Meet Up #2 Kembali Libatkan Pengamat]

Pemuda kelahiran 1 Juli 1966 ini mengungkapkan pula bahwa ia merasa ada yang kurang bila belajar tarian nusantara hanya di Jakarta saja.

“Karena gini, kalau kita hanya belajar di Jakarta tok, masih ada yang kurang. Saya mencoba hal yang baru lagi,” ujar Ilham.

“Contoh, tarian Belian Bawo dari Kalimantan. Saya belajar langsung ke sana. Saya pengin pelajari lebih dalam apa sih Belian Bawo ini, filosofinya gimana, saya tanyain sendiri. Jadi saya tahu, enggak hanya katanya-katanya aja,” pungkasnya.

Lewat kemampuan tarinya, Sanggar Tari Cipta Budaya ini pun sudah menorehkan beragam prestasi dan tampil negara lain, seperti Korea.

Ilham sendiri pernah meraih penghargaan Festival Cisadane pada 2015 lalu, serta Festival Lebaran Betawi pada 2015 dan 2016 lalu.

Proyek terbarunya di bidang tari adalah ia akan menjadi koreografer mewakili sanggarnya dalam gelaran acara Jakarta Dance Meet Up #2 di Gedung Kesenian Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (30/8/2017) mendatang.

[Baca juga: Jakarta Dance Meet Up #2 Pertemukan Para Koreografer dan Penari Muda]

PenulisSintia Astarina
EditorBestari Kumala Dewi
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM