Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rendy Pandugo Rangkum Perjalanan Bermusik lewat "The Journey"

Kompas.com - 30/08/2017, 17:27 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah penantian panjang selama dua tahun, penyanyi Rendy Pandugo akhirnya menelurkan album solo pertamanya yang diberi judul The Journey. Rendy menyebut album perdananya itu sebagai sebuah perjalanan musikal.

"Lega banget (album rilis). Judulnya The Journey, album ini adalah perjalanan gue," kata Rendy dalam peluncuran albumnya di The Pallas, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (30/8/2017).

Album yang berisi 11 lagu ini merefleksikan karier musik Rendy sejak ia memutuskan menjadi penyanyi, bermain musik dari kafe ke kafe, hingga akhirnya dilirik label rekaman besar.

"Album The Journey ini konsepnya adalah musik pop, genrenya ada beberapa genre memang agak sedikit campur, tapi di sini menunjukkan inilah perjalanan gue selama lima tahun terakhir. Lima tahun terakhir itu dari 2010 sampai 2015 gue rangkum nada-nadanya dan jadilah album The Journey ini," kata Rendy.

[Baca: Rendy Pandugo Rilis Album Perdana "The Journey"]

 

Rendy mendapat kesempatan menggarap musiknya di The Kennel Studio, Swedia, tempat berkumpulnya musisi papan atas dunia seperti The Chainsmoker dan Kygo.

"Yang gue enggak habis pikir adalah waktu itu, 'Gue beneran ke Swedia ngerjain album nih?', sampai gue beneran berangkat ke sana. Orang labelnya bilang, 'Perjalanan lu lumayan ya. Mulai dari proyek duo, sampai ngamen di kafe kafe'. Pihak Sony Music minta produce album gue tapi gue tolak, sampai akhirnya gue berangkat ke Swedia," katanya.

"Dipikir-pikir lucu kali kalau ini album dinamakan di The Journey he-he-he," tambahnya.

Dari 11 lagu dalam albumnya, lima di antaranya lahir saat Rendy berada di Swedia pada Februari 2016 lalu. Namun, hanya tiga lagu yang ia masukkan ke dalam album.

"Di Swedia jadi itu lebih ke reading camp, bikin lagu. Kalau lagu yang gue tulis di Indonesia ada delapan lagu," kata Rendy.

Namun, bagi Rendy tak mudah menciptakan lagu kembali setelah pada 2010 hingga 2015 sempat berhenti menulis lirik dan membuat aransemen.

[Baca: Rendy Pandugo Ogah Vakum Terlalu Lama]

"Kesulitan di awal-awal doang, gue harus menyesuaikan diri setelah lima tahun vakum enggak nulis lagu, gue harus nulis lagi dari awal, belajar gimana nulis lagu lagi," kata Rendy.

Album The Journey tak hanya hanya dirilis di Indonesia, namun juga diluncurkan di tiga negara tetangga, yakni Malaysia, Filipina, dan Singapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com