Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gawai Merajalela, Adinia Wirasti Gelisah

Kompas.com - 07/09/2017, 10:12 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Terus berkembangnya teknologi membuat hampir semua orang di dunia saat ini pasti memiliki minimal satu gawai, terutama ponsel. Fakta ini ternyata membuat aktris Adinia Wirasti gelisah.

"Setahun belakangan (gelisah) dan semakin ke sini semakin agak deg-degan sih karena semua orang banyak punya gadget, ada yang lebih dari satu," kata Adinia di Comic Cafe, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (5/9/2017).

Ia khawatir orang-orang semakin kecanduan akan gawai hingga tak peduli lingkungan sekitar. Sekarang saja, ia lihat kebanyakan orang lebih fokus melihat ponsel ketimbang mengobrol langsung saat berkumpul.

"Jadi kalau ketemu kayak gadget addict. Kegelisahan saya, orang-orang ketemu satu meja, tapi pada main handphone. Satu keluarga bisa ketemu, tapi pada megang telepon," ujar Adinia.

Sementara ia sendiri tak nyaman dengan sikap seperti itu. Sebab, pemain film Kartini ini mengaku sangat menghargai momen saat berbicara dengan orang.

"Saya tipe orang yang kalau lagi ngomong pengin ngeliat muka lawan bicara saya untuk ngerasain energi like what's your feeling? What's your reaction? Itu penting. Kita perlu sadar kalau momen jauh lebih penting dan itu yang susah didapat," katanya.

Karena itu, Adinia mulai membatasi diri sendiri dalam menggunakan telepon genggam, terutama saat sedang bekerja.

"Membiasakan diri minimal dalam sehari empat jam enggak megang telepon. Kalau enggak perlu-perlu banget ya enggak usah (main ponsel). Apalagi kalau saya lagi kerja, shooting, bedah skenario, ya ditaruh dulu," ucap Adinia.

Tim manajemennya juga sudah memahami jika ia tak mengangkat telepon atau membalas pesan, berarti ia sedang melalukan sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan.

"Sekarang tergantung ekspetasi kita aja akan sesuatu. Kalau kita enggak bisa mengatur pikiran kita ya akan jadi stresfull (tanpa ponsel). Tapi ada juga yang bisa dengan kondisi itu," ujar Adinia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com