Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPI Tegur Opera Van Java karena Tampilkan Pria Berpenampilan Perempuan

Kompas.com - 18/09/2017, 07:24 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melayangkan teguran tertulis kepada program komedi Opera Van Java karena menampilkan seorang pria yang berpenampilan seperti perempuan.

Merujuk pada laman kpi.go.id, surat peringatan itu bernomor 526/K/KPI/31.2/09/2017 tertanggal 8 September 2017.

"Program tersebut menayangkan seorang pria yang memerankan Inul Daratista dengan berpakaian, berperilaku, dan berdandan layaknya seorang wanita," demikian yang tercantum dalam deskripsi pelanggaran, seperti dikutip Kompas.com, Senin (18/9/2017).

Peringatan itu diberikan berdasarkan pemantauan dan hasil analisis KPI Pusat terhadap salah satu episode Opera Van Java yang ditayangkan Trans 7 pada 5 September 2017 pukul 20.08 WIB.

Adanya salah satu pemeran laki-laki yang tampil layaknya seorang wanita dinilai sesuai dengan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI Tahun 2012 tentang perlindungan remaja dan penggolongan program siaran.

"Hal ini berpotensi melanggar Pasal 15 Ayat (1) dan Pasal 37 Ayat (4) huruf a SPS KPI Tahun 2012 tentang perlindungan remaja dan larangan muatan yang mendorong remaja belajar perilaku tidak pantas atau membenarkan perilaku tidak pantas pada program siaran klasifikasi R. Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan memberi peringatan," demikian yang tertulis selanjutnya.  

Teguran KPI itu sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran).

Setelah memberi peringatan tertulis, KPI berharap pihak stasiun televisi lebih berhati-hati lagi menyajikan tayangan dan tetap berpedoman pada aturan penayangan sebuah program siaran yang sudah ditetapkan. 

Berkait tayangan OVJ tersebut, Selasa (5/9/2017) lalu, lewat video dalam akun Instagram-nya, salah satu pengisi acara tersebut, presenter Andhika Pratama, membuat pengumuman bahwa ia akan memerankan karakter plesetan Inul Daratista.

[Baca juga: Gara-gara Adegan Ciuman, KPI Tegur Film Kartun Shaun The Sheep]

"@operavanjava malam ini jam 20.00 hanya di TRANS7 bersama saya INUL DARAHTINGGI (plesetan nama Inul Daratista)," tulis akun @andhiikapratama.

Video singkat itu memperlihatkan Andhika yang mengenakan kebaya motif bunga serta wajah memakai riasan bernyanyi dengan gaya kemayu.

Diberitakan sebelumnya, KPI melarang lembaga penyiaran menayangkan program siaran yang menampilkan "pria yang kewanitaan".

[Baca juga: Ini Alasan KPI Larang Stasiun TV Tayangkan Sosok Pria yang Kewanitaan ]

Larangan tersebut tertuang pada surat edaran tertanggal 23 Februari 2016 lalu dengan nomor 203/K/KPI/02/2016.

Adapun kriteria yang dilarang oleh KPI adalah pria sebagai pembawa acara (host), talent, atau pun pengisi acara lainnya (baik pemeran utama maupun pendukung) dengan tampilan sebagai berikut:

[Baca juga: KPI Hentikan Sementara Siaran Dahsyat RCTI ]

1. Gaya berpakaian kewanitaan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com